Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Hujan dan Angin Kencang, Pohon di Kota Bogor Bertumbangan

Selasa 14 Jun 2022 09:39 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah

Warga melihat rumah yang tertimpa pohon akibat angin kencang (ilustrasi)

Warga melihat rumah yang tertimpa pohon akibat angin kencang (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Dari 15 bencana yang terjadi, 10 di antaranya merupakan pohon tumbang.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kota Bogor dilanda hujan dan angin kencang pada Senin (13/6/2022), dan menyebabkan belasan bencana alam terjadi. Dalam data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, dari 15 bencana yang terjadi, 10 di antaranya merupakan pohon tumbang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas, mengatakan dua bencana lain ialah atap terbawa angin, tanah amblas, dan dahan pohon patah.

Baca Juga

“Dari 15 kejadian, 11 di antaranya terjadi di Kecamatan Bogor Barat dan empat kejadian lainnya di Kecamatan Tanah Sareal. Bencana didominiasi oleh pohon tumbang,” kata Theo dalam keterangannya, Selasa (14/6/2022).

Lebih lanjut, Theo menjelaskan, kejadian tanah ambles Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor menyebabkan halaman belakang rumah warga ambles. Dengan tanah ambles diperkirakan sedalam tiga meter dengan panjang sekitar 0,5 meter. 

Theo menyatakan, dalam rumah berisi tiga kepala keluarga (KK) dan sembilan orang ini tidak ada korban jiwa. Begitu juga di titik bencana lain. “Nggak ada (korban jiwa), aman,” tutur Theo.

Sementara itu, lanjut dia, pada salah satu kejadian pohon tumbang di Jalan Abdullah Bin Nuh, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat sebuah pohon kenari setinggi 15 meter tumbang dan menutupi dua lajur jalan. Diperkirakan pohon kenari ini memiliki diameter 25 centimeter.

“Pohon ini tumbang lalu menutupi dua lajur jalan dari arah Yasmin menuju arah traffic light Semplak dan pohon tumbang juga menutup satu lajur jalan dari arah Bubulak menuju arah traffic light Yasmin,” jelasnya.

Petugas BPBD Kota Bogor, Heru P, mengatakan rata-rata pohon yang tumbang berada di kawasan Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat atau yang dikenal sebagai Taman Yasmin. Menurut laporan warga yang diterimanya, saat kejadian hujan turun dengan intensitas cukup besar. “Dan angin juga kencang. Begitu menurut warga sekitar,” kata Heru.

Menurut Heru, titik pohon tumbang di kawasan tersebut ada di depan Sektor Yasmin V, di depan Rumah Sakit Hermina, dan di dekat bundaran Yasmin. Kendati demikian, dari data yang dimilikinya tidak ada korban luka, korban jiwa, maupun rumah dan kendaraan yang terdampak pohon tumbang. 

“Tanpa korban semua alhamdulilah. Kendaraan juga nggak ada yang pas melintas ketimpa. Cuma rata-rata pohon tumbang menutupi bahu jalan,” jelasnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA