Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Pasukan Israel Gelar Latihan Militer di Dekat Pagar Perbatasan Gaza

Selasa 14 Jun 2022 07:26 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani

Prajurit tempur pasukan pertahanan Israel (IDF)

Prajurit tempur pasukan pertahanan Israel (IDF)

Foto: DOVER.IDF.IL
Pasukan Pertahanan Israel latihan militer di sepanjang pagar perbatasan Jalur Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melakukan latihan militer pada 13-14 Juni di sepanjang pagar perbatasan Jalur Gaza. IDF mengatakan, latihan tersebut tidak mengganggu pergerakan warga sipil di Gaza.

Menurut laporan Israel Hayom, latihan tersebut sebagai bagian dari persiapan untuk menghadapi berbagai skenario termasuk serangan Iran. Dalam skenario ini, diyakini bahwa sekutu Iran di Yaman, Suriah, dan Irak dapat menargetkan wilayah Israel dengan rudal atau drone. Selain itu, IDF juga akan terus melakukan latihan militer di Israel karena negara itu menghadapi ancaman internal dari faksi-faksi perlawanan Palestina.

Dilansir Middle East Monitor, Selasa (14/6/2022) latihan ini berlangsung setelah IDF mengambil bagian dalam latihan militer selama sebulan yang disebut "Chariots of Fire". Latihan ini mensimulasikan konflik regional yang luas.

Ribuan tentara dan cadangan di semua komando tentara, mulai dari angkatan udara dan angkatan laut ikut ambil bagian dalam latihan tersebut. Latihan "Chariots of Fire" bertujuan untuk meningkatkan kesiapan IDF berperang di berbagai front secara bersamaan.

Jalur Gaza telah berada di bawah pengepungan ketat oleh Israel selama 14 tahun. Wilayah ini berulang kali telah menjadi sasaran serangan militer IDF, yang menghancurkan infrastruktur hingga membunuh dan melukai ribuan warga sipil, serta menyebabkan pengangguran dan kemiskinan. Gaza juga berbatasan dengan Mesir, yang membantu memperkuat pengepungan Israel.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA