Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Gibran Kenalkan Batik Solo ke Petinggi Louis Vuitton di Prancis

Senin 13 Jun 2022 21:37 WIB

Red: Nur Aini

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming memaparkan strateginya dalam memperkenalkan puluhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Solo ke pasar global melalui gelaran Java in Paris.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming memaparkan strateginya dalam memperkenalkan puluhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Solo ke pasar global melalui gelaran Java in Paris.

Foto: istimewa
Gibran melakukan perjalanan dinas di Prancis selama satu minggu

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengenalkan batik Solo ke merek ternama asal Prancis Louis Vuitton.

"Yang jelas mereka juga punya jaringan mal," katanya di Solo, Jawa Tengah, Senin (13/6/2022).

Baca Juga

Gibran yang baru saja menyelesaikan perjalanan dinas di Prancis selama satu minggu mengatakan sudah bertemu dengan petinggi Louis Vuitton dan mengenalkan produk batik. Pada kesempatan itu, ia bertemu dan berdiskusi langsung dengan Secretaire General LVMH Marc Antoine Jamet. Marc Antoine Jamet adalah sekretaris jenderal perusahaan multinasional yang menaungi merek produk premium seperti Louis Vuitton, Dior, Fendi, dan Bvlgari.

"Nanti sambil jalan kerja samanya, yang jelas banyak desainer yang berkenan untuk ekspor batik dari kita," katanya.

Ia mengatakan pada perjalanan dinasnya yakni menyelenggarakan pameran UMKM yang bekerja sama dengan KBRI di Prancis dan perusahaan Shopee ini bukan hanya produk asli Solo yang dibawa, tetapi juga beberapa produk unggulan dari sejumlah daerah di Indonesia. Ia membawa beberapa produk dari Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

"Selain batik ada handycraft, rotan, kerajinan kulit, dan pernak-pernik lainnya. Sebagian produknya sudah pernah dilihat Pak Sandi (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno) saat berkunjung ke Solo beberapa waktu lalu," katanya.

Sementara itu, diakuinya, sejauh ini respons warga Paris baik WNI maupun masyarakat setempat, dan turis dari berbagai negara yang kebetulan sedang berwisata di Paris sangat baik.

"Bagus, ramai, banyak yang bisa diadopsi untuk Kota Solo. Nanti sambil jalan saja," kata Gibran.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA