Selasa 14 Jun 2022 00:40 WIB

Tenar di TikTok, Dokter Inggris Bagikan 3 Trik Redakan Stres Secara Instan

Ada tiga trik yang disebut dokter Karan Raj bisa redakan stres secara instan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan menutup wajahnya saat stres (Ilustrasi). Seorang dokter di Inggris membagikan cara cepat meredakan stres secara instan lewat akun TikToknya.
Foto: Pixabay
Perempuan menutup wajahnya saat stres (Ilustrasi). Seorang dokter di Inggris membagikan cara cepat meredakan stres secara instan lewat akun TikToknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stres yang berlebih baik bisa memengaruhi beragam aspek kehidupan, mulai dari tubuh, pikiran, perasaan, hingga perilaku. Untuk meredakan stres secara instan, ada tiga trik yang bisa membantu.

Tiga cara unik untuk meredakan stres secara instan ini diperkenalkan oleh Dr Karan Raj melalui akun TikTok pribadinya. Dokter asal Inggris yang sering mengunggah materi edukasi kesehatan di TikTok itu mengatakan ketiga trik ini tak hanya bisa memberikan ketenangan secara cepat, tetapi juga dapat membantu meningkatkan resiliensi terhadap stres.

Baca Juga

"Lakukan ini sekarang untuk menjadi tenang secara instan dan memperbaiki resiliensi Anda terhadap stres," ungkap dr Raj.

Salah satu dari trik tersebut adalah humming atau bersenandung selama 10 menit. Dua cara lainnya adalah gargling atau berkumur di pangkal tenggorok dan bernyanyi.

"Ketika Anda melakukan salah satu dari (tiga trik) ini, Anda akan mengaktivasi otot-otot di belakang tenggorok dan pita suara yang berkaitan dengan saraf vagus," jelas dr Raj yang memiliki nyaris lima juta followers di TikTok.

@dr.karanr

Instant tool for calmness

♬ Night Trouble - Petit Biscuit

Kondisi tersebut memungkinkan seseorang memasuki keadaan parasimpatis dengan lebih mudah. Hal ini dapat memunculkan perasaan rileks atau tenang.

Melakukan salah satu dari ketiga trik ini juga bisa membawa "bonus" tambahan, yaitu meningkatkan variabilitas detak jantung. Artinya, tubuh akan lebih mudah untuk beradaptasi pada situasi yang memicu stres atau penuh tekanan.

Namun, perlu diketahui bahwa trik-trik ini mungkin bisa membantu sebagian orang yang mengalami stres. Namun, ada kalanya itu tak bisa membantu, terlebih bagi orang-orang yang mengalami stres berat atau kecemasan berat.

Sebelumnya, dr Raj juga pernah membagikan teknik pernapasan sederhana yang diklaim sebagai "cara tercepat" untuk mengurangi stres dan kecemasan menurut ilmu pengetahuan. Teknik yang dikenal sebagai "desahan fisiologis" itu tentu tidak akan mengatasi sumber stres dalam kehidupan, tetapi dapat membantu meredakannya untuk sementara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement