Senin 13 Jun 2022 17:41 WIB

Gunung Api Ile Lewotolok NTT Kembali Meletus, Asap Capai 1.000 Meter

Gunung Api Ile Lewolotok NTT kembali meletus dalam enam jam terakhir.

Gunung Api Ile Lewolotok NTT kembali meletus dalam enam jam terakhir.
Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Gunung Api Ile Lewolotok NTT kembali meletus dalam enam jam terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur kembali meletus dengan ketinggian asap mencapai 1.000 meter dalam enam jam terakhir. "Terhitung sejak pukul 06.00 WITA sampai 12.00 WITA terdapat satu kali letusan dengan ketinggian asap berkisar antara 500-1000 meter," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok, Stanis Ara Kian terkait dengan perkembangan gunung api Ile Lewotolok yang sejak awal Juni intensitas erupsinya cukup tinggi dan cukup mengkhawatirkan di Lembata, Senin (13/6/2022).

Ia mengatakan bahwa secara visual selama enam jam tersebut, terdapat 12 kali letusan dengan tinggi erupsi berkisar antara 300-500 meter dan warna asap putih kelabu. "Letusan disertai dengan dentuman dan gemuruh lemah," katanya.

Baca Juga

Jika dilihat dari kegempaan, lanjutnya, gempa tremor non-harmonik berjumlah 23 kali dengan durasi 84 sampai 237 detik. Sementara untuk gempa vulkanik dalam berjumlah satu kali dengan durasi 6,8 detik. Sementara Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5 mm (dominan 0.5 mm). 

Stanis menambahkan berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh pada 8 Juni 2022 tingkat aktivitas gunung api Ile Lewotolok masih berada pada Level III atau siaga dengan rekomendasi baru yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini. Dalam tingkat aktivitas Level III masyarakat di sekitar gunung Ili Lewotolok maupun pengunjung, pendaki atau wisatawan diminta tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak atau kawah gunung.Kemudian radius 3,5 km untuk sektor tenggara, radius 4 km untuk sektor timur dan timur laut. 

Masyarakat Desa Lamawolo, Lamatokan, dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman guguran lava pijar dan awan panas dari bagian timur puncak atau kawah gunung tersebut.Ia mengatakan bahwa beberapa hari terakhir terjadi hujan yang lebat dan intensitas yang cukup banyak di beberapa lokasi di daerah tersebut. 

"Masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai yang berhulu di puncak gunung itu agar mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar, terutama di saat musim hujan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement