Senin 13 Jun 2022 17:27 WIB

Apakah Diet Bebas Minyak Benar-Benar Sehat?

Tubuh membutuhkan minyak yang salah satu sumbernya dari minyak.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi minyak zaitun. MInyak zaitun merupakan salah satu sumber lemak sehat yang diperlukan tubuh,
Foto: Pixabay
Ilustrasi minyak zaitun. MInyak zaitun merupakan salah satu sumber lemak sehat yang diperlukan tubuh,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minyak telah mendapat reputasi sebagai bahan makanan tidak sehat. Dalam upaya menurunkan lebih banyak berat badan dalam waktu yang lebih singkat, banyak orang berhenti mengonsumsi minyak dan menghilangkannya sepenuhnya dari diet.  

Dilansir dari timesofindia pada Senin (13/6/2022), apakah bebas minyak baik untuk Anda?  jawabannya adalah tidak. Ada beberapa cara sehat untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda pilih tanpa menghilangkan minyak sama sekali. Kuncinya terletak pada memilih jenis minyak yang tepat dan menggunakannya dalam jumlah yang tepat.  

Baca Juga

Sejumlah minyak mengandung Omega 3, yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda sendiri.  Jadi, penting untuk mendapatkannya dari sumber makanan.  Minyak memang mengandung lemak baik yang telah terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.  

Segala sesuatu yang berlebihan itu buruk dan hal yang sama berlaku untuk minyak. Menggunakan minyak berlebih dalam memasak atau makan makanan yang digoreng secara teratur tidak hanya akan menyebabkan penambahan berat badan tetapi juga akan menimbulkan masalah bagi kesehatan Anda.  

Sebaliknya, mengkonsumsi lemak sehat dalam proporsi yang terkontrol akan menciptakan keseimbangan dan menguntungkan Anda dalam beberapa cara.

Berikut minyak yang sehat yaitu :

1. Minyak Kelapa

Lemak yang ditemukan dalam minyak kelapa baik untuk tubuh karena membantu meningkatkan metabolisme dan juga membuat Anda kenyang lebih lama.  Minyak kelapa juga meningkatkan kadar kolesterol dan membunuh bakteri berbahaya.  Anda dapat dengan aman mengkonsumsi sekitar dua sendok teh minyak kelapa setiap hari.

2. Minyak Dedak Padi/rice bran oil

Vitamin E kompleks dan mikronutrien lainnya dalam Minyak Dedak Padi membantu memerangi radikal bebas. Selain itu, antioksidan oryzanol dalam minyak dedak padi membantu menjaga kadar kolesterol Anda tetap terkendali.  

Minyak ini juga membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan resistensi insulin. Anda dapat menggunakannya untuk keperluan memasak dan mengkonsumsi sekitar 3 sendok setiap hari.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun extra virgin baik untuk jantung Anda dan merupakan salah satu pilihan paling aman untuk anak-anak dan orang dewasa.  Ini meningkatkan tingkat kolesterol HDL dan menurunkan tingkat kolesterol jahat yaitu, LDL.  

Anda dapat dengan aman mengkonsumsi sekitar 3 sendok minyak zaitun setiap hari. Satu-satunya hal yang perlu diingat saat memasak dengan minyak zaitun adalah tidak menggunakannya untuk menggoreng.

4. Minyak Wijen

Minyak wijen kaya akan antioksidan yang menyehatkan jantung. Minyak ini juga baik untuk penderita diabetes dan mengonsumsi minyak wijen dapat membantu mengatur kadar gula darah.  

Kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasinya bermanfaat bagi jantung, persendian, kulit, rambut, dan banyak lagi.  Dua sampai tiga sendok minyak wijen aman dikonsumsi sehari-hari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement