Senin 13 Jun 2022 12:46 WIB

Jokowi Beri Bonus Rp 130 M ke Atlet Sea Games Vietnam

Dalam Sea Games Vietna, sebanyak 408 atlit berhadil memperoleh medali,

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: ANTARA/Biro Pers dan Media Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bonus kepada para atlet yang meraih prestasi di Sea Games ke-31 di Vietnam. Total bonus yang diberikan kepada para atlet sebesar Rp 130,5 miliar, sedangkan untuk para pelatih dan asisten pelatih sebesar Rp 32 miliar.

"Hari ini akan kita serahkan, kita berikan bonus penghargaan kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih. Kepada para atlet yang kita berikan kurang lebih Rp 130 miliar 500 juta. Kemudian untuk pelatih dan asisten pelatih Rp 32 miliar," kata Jokowi saat menerima tim 31st Sea Games Vietnam 2021 tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/6).

Jokowi pun menyampaikan apresiasi dan bangganya terhadap capaian medali yang diperoleh oleh para atlet. Dari 499 atlit yang dikirimkan ke ajang Sea Games di Vietnam, sebanyak 408 atlit di antaranya berhasil memperoleh medali, baik emas, perak, maupun perunggu.

"Artinya, 82 persen atlit yang kita kirimkan membawa medali pulang ke Tanah Air," tambahnya.

Dia pun menekankan, melalui pembangunan ekosistem pembinaan atlet yang baik, para atlet dapat lebih fokus untuk meraih prestasi, sehingga akan memberikan hasil yang lebih baik.

"Kirim ngga usah banyak-banyak sampai 840 pada tahun sebelumnya. Tapi, hasilnya meningkat," kata Jokowi.

Meskipun jumlah atlet yang dikirimkan ke Sea Games kali ini lebih sedikit, namun prestasi yang dicapai mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada 2015 dan 2017 lalu, Indonesia berhasil mencapai peringkat kelima di ajang Sea Games. Kemudian pada 2019 menduduki peringkat keempat dan pada tahun ini berhasil masuk ke peringkat ketiga.

Jokowi pun berharap, raihan prestasi para atlet ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para atlet lainnya untuk berlaga di berbagai ajang internasional lainnya dan untuk mengharumkan nama bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement