Senin 13 Jun 2022 08:08 WIB

UMM Berikan Edukasi Anak-Anak LPKA Blitar

UMM mengirim Mobil Bioling dan Mobil Pintar untuk mengedukasi anak-anak.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ilham Tirta
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Universitas yang dikenal dengan sebutan Kampus Putih ini baru saja mendapatkan predikat sebagai kampus swasta terbaik keenam se-Asia Tenggara menurut data yang dikeluarkan oleh AppliedHE.
Foto: Humas UMM
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Universitas yang dikenal dengan sebutan Kampus Putih ini baru saja mendapatkan predikat sebagai kampus swasta terbaik keenam se-Asia Tenggara menurut data yang dikeluarkan oleh AppliedHE.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali melangsungkan agenda Berbagi untuk Negeri. Kali ini, Kampus Putih UMM menyambangi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar pada Jumat (10/6/2022).

Pada kegiatan ini, UMM mengirim dua mobil andalan, yakni Mobil Bioskop Keliling (Bioling) dan Mobil Pintar. UMM juga menyediakan beragam buku yang bisa dibaca serta permainan seru. Selain itu, memberikan hiburan dan edukasi terkait pengenalan bahasa serta kelas public speaking.

Baca Juga

Pada kesempatan sama, UMM memberikan donasi berupa buku agar anak-anak LPKA bisa menghabiskan waktu untuk membaca. Menariknya, ada beberapa mahasiswa asing yang turut serta membantu dan memberikan permainan asyik.

Kepala Seksi Pembinaan LPKA Blitar, Andik Ariawan menyambut baik kunjungan edukatif yang dilakukan UMM. Sebelumnya, sudah banyak mahasiswa UMM yang datang untuk mengabdi. "Kemudian membantu dan juga melakukan penelitian di LPKA tersebut," kata Andik dalam pesan resmi yang diterima Republika.co.id.

Ia juga bercerita ada beberapa anak yang melanjutkan kuliah di UMM selepas menghabiskan waktu di LPKA. Maka itu, Andik mengimbau agar anak-anak tidak berkecil hati dan terus menggali potensi diri. Anak-anak harus semangat belajar untuk menggapai impian.

Koordinator Kegiatan UMM, M Isnaini mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi serta literasi. Di samping itu, juga mendorong minat baca serta keingintahuan anak-anak LPKA.

Pihaknya juga sengaja mengajak mahasiswa luar negeri ikut agar anak-anak LPKA bisa bergaul dengan orang asing. Dengan begitu, bisa saling mengakrabkan diri dan mengenal satu sama lain.

Adapun kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian panjang program UMM Berbagi untuk Negeri. Sebelumnya, Kampus Putih sudah mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Laki-laki, melangsungkan sederet acara di Lapas Perempuan Malang, serta membantu dan menghibur penghunj panti jompo.

Tidak ketinggalan, mereka memberikan permainan di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) beberapa waktu lalu. “Ini menjadi upaya kami memberikan edukasi kepada mereka-mereka yang membutuhkan. Semoga bisa terus terlaksana dan mampu menebar manfaat kepada sesama,” katanya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement