Senin 13 Jun 2022 05:03 WIB

Senator DPD Desak Anies Jadikan Sirkuit Formula E Sebagai Wahana Wisata Baru Ancol.

Sirkuit formula E harus dipakai sebagai ajang kepedulian teknologi kendaraan listrik

Rep: rilis/ Red: Muhammad Subarkah
Pembalap Mahindra Oliver Rowland dari Inggris mengemudikan mobilnya saat sesi latihan pertama di balapan mobil Formula E E-Prix Jakarta di Jakarta, Indonesia, Sabtu, 4 Juni 2022.
Foto: AP/Dita Alangkara
Pembalap Mahindra Oliver Rowland dari Inggris mengemudikan mobilnya saat sesi latihan pertama di balapan mobil Formula E E-Prix Jakarta di Jakarta, Indonesia, Sabtu, 4 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Senator DPD asal Jawa Tengah DR Abdul Kholik mendesak agar Gubernur DKI menjadikan Srikuit Formula E sebagai wahana wisata baru di kawasan Ancol. Hal ini karena banyaknya masyarakat yang masih penasaran kepada sirkuit tersebut yang bisa dibangun begitu cepat bahkan diakui  oleh pihak penyelenggara formula E internasional sebagai penyelenggara terbaik dalam sejarah balap formula.

‘’Ini bisa dilihat dari jumlah peneonton yang hadir langsung maupun moderennya fasilitas sirkuit. Saya yakin, sirkuit ini  ke depan menyaingi ajang balapan sirkuit formula one yang leboh dahulu eksis,’’ kata Adul Kholik, di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Kholik menegaskan untuk menjaga momentum gairah publik terhadap kendaraan listrik di masa depan, maka perlu  sirkuit itu perlu difungsikan menjadi ajang pendidikan kesadaran berkenderaan listrik yang ramah lingkungan sekaligus wisata otomotif. Dengan demikian misi dari penyelenggaraan formula E bisa diwujudkan secara berkesinambungan.

‘’Saya ingin menjajal sirkuit itu dengan kendaraan listrik kalau ada fasilitasnya. Jadi sirkuit harus didayagunakan dan itu sekaligus membuka peluang  bagi Ancol semakin maju dan berkembang. Rasanya tidak sulit bagi Ancol menyediakan kendaraan listrik yang bisa digunakan pengunjung untuk ikut merasakan sesansi berkendara di sirkuit yang rancangan mirip kuda lumping itu. Saya sebenarnya sudah tidak sabar untuk mencobanya,’’ ujar Kholik.

Menurutnya, sirkuit itu nantinya akan menjadi sarana wisata favorit yang juga dipakai sebagai wahana pendidikan kesadaran masyarakat agar menjaga kelestaran lingkungan dan pengembangan  teknologi IT atau teknolologi mutakhir kendaraan listrik. Nantinya, perlu dibuatkan event untuk mahasiswa dan masyarakat yang selama ini telah mengembangkan kendaraan listrik untujk diuji coba di sirkuit tersebut.

‘’Misalnya nanti ada ajang adu ketahanan mobil listrik. Ajang seperti ini nantinya bisa diselenggarakan sekaligus menjadi bagian dari perayaan HUT Jakarta, yakni ajang Jakarta Fair.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement