Ahad 12 Jun 2022 16:55 WIB

Peneliti Ungkap Mikroplastik Telah Menempel pada Jaring Laba-Laba

Mikroplastik yang terperangkap dalam jaring laba-laba 10 persen dari berat jaring.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
jaring laba-laba. Ilustrasi. Peneliti Ungkap Mikroplastik Telah Menempel pada Jaring Laba-Laba
Foto: Slashgear
jaring laba-laba. Ilustrasi. Peneliti Ungkap Mikroplastik Telah Menempel pada Jaring Laba-Laba

REPUBLIKA.CO.ID, JERMAN -- Mikroplastik sepertinya ada di mana pun manusia melihat, dari lautan hingga puncak tertinggi di Bumi. Di luar semua penemuan mikroplastik yang mengganggu yang muncul di dalam tubuh kita, sekarang kita tahu fragmen kecil ini dapat terbang di udara, mengambang di atmosfer, setidaknya sampai dihentikan oleh sesuatu.

Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan memanfaatkan metode cerdik untuk melacak fenomena polusi udara berbahaya ini, berkat sesuatu yang sepenuhnya alami dan juga ada di mana-mana, yakni jaring laba-laba.

Baca Juga

“Laba-laba ditemukan di seluruh dunia, termasuk di kota-kota. Jaring lengket mereka adalah perangkap yang ideal untuk apa pun yang mengapung di udara,” kata ahli geokimia organik Barbara Scholz-Böttcher dari Carl von Ossietzky University of Oldenburg di Jerman, dilansir dari Science Alert, Ahad (12/6/2022).

Jaring laba-laba yang lengket mungkin tampak seperti gangguan mimpi buruk ketika Anda melewatinya, tetapi mereka ternyata menjadi komoditas organik yang brilian untuk memantau kontaminasi partikulat di atmosfer perkotaan.

Dalam sebuah eksperimen, peneliti mahasiswa Rebecca Süßmuth mengumpulkan jaring laba-laba yang menempel di halte sisi jalan di kota Oldenburg di barat laut Jerman (dengan jaring terletak sekitar  dua meter atau 6,5 kaki dari permukaan tanah).

Menganalisis sampel web di lab, para peneliti memeriksa untaian untuk beberapa jenis formasi polimer plastik yang berbeda; benar saja, tes mengungkapkan mikroplastik telah menempel pada jaring. “Semua jaring laba-laba terkontaminasi dengan mikroplastik,” kata rekan penulis Isabel Goßmann, yang mengerjakan penelitian sebagai bagian dari tesis PhD-nya.

Menurut temuan, kontaminasi mikroplastik yang terperangkap dalam jaring laba-laba dapat mencapai hingga 10 persen dari berat keseluruhan jaring, dan terdiri dari sejumlah jenis mikroplastik yang berbeda.Sekitar 90 persen dari detritus adalah variasi PET (polyethylene terephthalate), dengan polimer dominan secara keseluruhan adalah C-PET, kemungkinan berasal dari serat tekstil, kata tim.

Sumber lain dari mikroplastik adalah partikel keausan ban yang digiling halus (TWP), yang memecahkan bagian luar ban selama pengereman dan akselerasi, dan yang diharapkan dapat ditemukan dalam volume mengingat lokasi tepi jalan dari kumpulan web. Sementara karet TWP secara teknis bukan plastik, mereka semakin dimasukkan dalam definisi polusi mikroplastik karena sifat sintetisnya.

Meskipun temuan tersebut merupakan pengingat suram lainnya tentang meluasnya polusi mikroplastik, setidaknya di sini peneliti telah mengidentifikasi cara cerdas dan murah untuk membantu memantau masalah – bahkan jika pengambilan sampel jaring laba-laba tidak seinovatif yang Anda kira. Seperti yang ditunjukkan oleh tim, jaring laba-laba sebenarnya telah digunakan untuk tujuan pengujian lingkungan seperti ini selama setidaknya 30 tahun, tetapi para peneliti mengatakan ini adalah pertama kalinya mereka diperiksa untuk mikroplastik, dan perangkap alami ini tidak mengecewakan.

"Pengambilan sampelnya sederhana dan tidak diperlukan perangkat pengambilan sampel khusus," tulis para peneliti dalam makalah mereka.

"Halte bus tertutup sangat populer di seluruh dunia dan laba-laba pembuat bola muncul di hampir setiap habitat di Bumi. Oleh karena itu, jaring laba-laba adalah media yang mudah diakses di seluruh dunia untuk mencerminkan mikroplastik di udara perkotaan."

https://www.sciencealert.com/microplastics-are-so-pervasive-you-can-even-find-them-stuck-in-spider-webs

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement