Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Antusiasme Penonton Tinggi untuk Saksikan Piala Presiden 2022 

Sabtu 11 Jun 2022 17:45 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

(Kiri-kanan) Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Menpora Zainudin Amali, Kapolda Jateng Ahmad Luthfi dalam konferensi pers pembukaan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (11/6/2022).

(Kiri-kanan) Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Menpora Zainudin Amali, Kapolda Jateng Ahmad Luthfi dalam konferensi pers pembukaan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (11/6/2022).

Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Antrean penonton sudah mengular di sekitar stadion lebih dari satu jam sebelum laga.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Ketua Umun PSSI Mochamad Iriawan mengatakan antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan pertandingan Piala Presiden 2022 antara Persis Solo melawan PSS Sleman di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (11/6/2022) sore WIB. Namun, kata dia, angka yang disepakati adalah 75 persen dari kapasitas stadion. 

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini mengatakan untuk pertandingan antara Persis melawan PSS, pihak penyelenggara telah menyiapkan 15 ribu tiket untuk penonton, dengan 750 di antaranya diberikan kepada pendukung tim tamu alias PSS. Menurutnya, jika tidak dibatasi pasti akan sangat membeludak. 

Baca Juga

"Kita sudah menyepakati waktu Rakor 75 persen, jadi ada 22 ribu kapastias, yang diizinkan 15 ribu dan ini bisa over capacity kalau diakomodiasi semua, namun pemerintah sudah siapkan layar-layar di tempat tertentu untuk bisa ditonton," kata Iwan kepada wartawan, Sabtu (11/6/2022). 

Dari pantauan Republika.co.id di lokasi, antrean penonton sudah mengular di sekitar stadion lebih dari satu jam sebelum pertandingan dimulai. Suporter Persis, yang biasa dikenal dengan Pasoepati (Pasukan Suporter Pelita Sejati) menyanyikan anthem Satu Jiwa sebelum kick-off hingga menggema di langit-langit stadion. 

"Ini adalah bukti antusiasime suporter menyasikan lansung tim kebanggaannya, dan ini yang pertama dalam laga resmi, semoga suporter bisa seperti waktu Covid-19, yang tidak dapat ke stadion bisa nonton dari rumah, dan yang tidak ada tiket tak perlu datang," kata Iwan. 

"Untuk sleman dikasih 750, jadi kita kesepakatannya demikian, nanti tergantung Panpel di setiap daerah, dan juga menyesuaikan izin dari kepolisian masing-masing daerah tuan rumah, karena mereka yang tahu situasi di wilayahnya," tambah Iwan. 

Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthfi mengatakan pihaknya telah melakukan pengamanan tiga lapis mulai dari pintu masuk Stadion Manahan. Lapis pertama di pintu yang akan menuju stadion, lapis kedua yakni ada empat pintu, selanjutnya di ring ketiga adalah ada dua belas pintu yang nantinya akan mengakses masuk tribun. 

"Ketentuan terkait laga ini minimal mempunyai vaksin dua kali, untuk aglomerasi Solo Raya hampir sudah semua vaksin primer, jadi secara formal kita bisa melaksanakan ini," kata Luthfi. 

"Untuk pengamanan kita 850 persenel sudah kita kerahkan, ada bantuan TNI-Polri, dan back up Polda, ini jadi role model lagi untuk pengamanan sepak bola ke depannya," kata dia menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA