Sabtu 11 Jun 2022 10:25 WIB

Ridwan Kamil Ungkap Alasan Ilmiah Kenapa Jenazah Eril Masih Utuh

Ridwan Kamil Ungkap Alasan Ilmiah Kenapa Jenazah Eril Masih Utuh

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melihat foto anak sulungnya Eril.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melihat foto anak sulungnya Eril.

VIVA – Pencarian putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang tenggelam di sungai Aare Bern Swiss, akhirnya menemukan titik terang. 

Jenazah Eril ditemukan oleh pihak kepolisian Bern pada Rabu 8 Juni 2022 waktu setempat. Jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, setelah dilakukan upaya pencarian selama 14 hari.

Informasi itu diungkapkan oleh kedua orangtua Eril, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya dalam unggahan di Instagram. Ibunda Eril, Atalia mengungkapkan bahwa jenazah Eril ditemukan dalam keadaan utuh dan lengkap, meski sudah 14 hari berada di dalam sungai.

"Alhamdulilah Allahu Akbar! Ditemukannya a Eril dalam keadaan utuh, lengkap, bersih, tampan, tersenyum dan wangi setelah 14 hari menghilang, membuat saya yakin seyakin yakinnya bahwa Allah menjaga dan memuliakannya," tulis Atalia dalam unggahan di Instagram @ataliapr, dikutip VIVA, Jumat, 10 Juni 2022.

 

 

Di sisi lain, melalui Instagram Story, Ridwan Kamil mengunggah foto yang menampilkan dirinya tengah berada di Rumah Sakit Bern. Foto itu diambil sesaat setelah Ridwan Kamil memandikan jenazah sang putra, Eril.

"Alhamdulillah. Di Rumah Sakit Bern. Sesaat setelah memandikan jenazah Eril," tulis Ridwan Kamil.

Dalam keterangan yang ditulis, Ridwan Kamil juga memberi penjelasan terkait alasan kenapa jenazah Eril masih utuh dan lengkap meski sudah berada di dasar sungai selama 14 hari. Menurutnya, air sungai Aare memiliki suhu yang sangat dingin hingga membuat jenazah Eril setengah membeku. Ditambah lagi, di sana minim hewan.

"Penjelasan ilmiah kenapa jasadnya utuh: Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya terjaga setengah membeku, sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari," ungkap Ridwan Kamil.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement