Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

3 Tip Trading Saham untuk Pemula

Eduaksi | Thursday, 09 Jun 2022, 11:30 WIB

Salah satu cara mendapatkan cuan dari saham yakni dengan melakukan trading. Trading adalah kegiatan melakukan aksi jual-beli saham dalam jangka pendek untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Karena sifatnya jangka pendek maka trader memanfaatkan momentum fluktuasi harga saham dalam waktu singkat: bisa harian, mingguan atau bulanan. Intinya, trading ini bukan investasi yang jangka waktunya panjang berbulan-bulan hingga tahunan.

Karena trading itu mencari cuan dari fluktuasi harga makanya salah satu analisis yang nggak bisa dilepaskan adalah analisis teknikal, kendati analisis fundamental juga dibutuhkan. So, kalau merasa belum memiliki kemampuan yang bagus dalam analisis teknikal, alangkah baiknya mendalami dan mempelajarinya terlebih dahulu.

Selanjutnya karena trading saham ini biasanya jangka waktunya pendek dibandingkan investasi, tentunya cara mencari cuan ini sebaiknya dilakukan trader dengan profil risiko tinggi artinya berani menerima konsekuensi kerugian yang tinggi.

Nah biar bisa melakukan trading saham dengan hasil yang baik, bagi para calon trader (pemula) ada baik memperhatikan 3 tip berikut ini:

1. Pilih Sekuritas Terpercaya

Trading saham membutuhkan perantara perusahaan yang bernama sekuritas atau broker saham. Nah, supaya hasil trading maksimal maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih sekuritas yang terbaik dan terpercaya. Terbaik dan terpercaya ini mencakup banyak mulai dari pengalaman yang bukan baru kemarin sore, dipilih banyak investor, manajemen yang terpercaya hingga aplikasinya yang memiliki fitur-fitur untuk trading yang mumpuni.

2. Gunakan Aplikasi Trading Terpercaya

Terkait dengan fitur-fitur trading yang mumpuni, trader sebaiknya memilih aplikasi trading terpercaya milik sekuritas yang juga terpercaya. So, jangan pernah ketipu dengan aplikasi-aplikasi trading yang memberikan tawaran tidak masuk akal. Salah satu aplikasi trading saham terpercaya adalah IPOT milik Indo Premier Sekuritas. Aplikasi trading saham ini dilengkapi Advanced Chart yang memudahkan dalam analisis pergerakan harga dengan jurus tarik garis dan prediksi gelombang menjadi lebih mudah. Selain itu ada juga AI Trending yang cocok untuk scalping karena harga, frekuensi dan volume yang baru bergerak akan mudah terdeteksi, Broker Activities yang memudahkan tradertahu detail aliran transaksi dari broker asing maupun lokal, Stock Dashboard yang memberikan pantauan harga, frekuensi, volume dan bid ratio secara real-time dan AI Sentiment Map yang akan memudahkan trader tahu dengan cepat keseluruhan aktivitas dari saham-saham yang sedang trending berdasarkan harga, frekuensi dan volume dari seluruh saham dengan layar smartphone saja.

3. Jangan Hanya Ikut-ikutan

Saat ini banyak influencer atau publik figur yang secara tak sengaja atau sengaja mempromosikan saham-saham tertentu. Dihadapkan pada banyaknya tawaran saham ini-itu dari banyak orang, trader pemula sebaiknya memang nggak menelan mentah-mentah informasinya dan langsung membelinya. Pom pom saham kalau tidak dianalisis dari sisi fundamental dan teknikal justru akan membikin bocos. Jadi, jangan gampang terpengaruh rekomendasi pihak lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image