Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Teras Malioboro 2 Kini Dilengkapi Ruang Laktasi

Kamis 09 Jun 2022 16:23 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Wisatawan membeli cenderamata di Teras Malioboro 2, Yogyakarta, Kamis (26/5/2022). Ruang laktasi di Teras Malioboro sudah memenuhi spesifikasi Kementerian Kesehatan. Ilustrasi.

Wisatawan membeli cenderamata di Teras Malioboro 2, Yogyakarta, Kamis (26/5/2022). Ruang laktasi di Teras Malioboro sudah memenuhi spesifikasi Kementerian Kesehatan. Ilustrasi.

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Ruang laktasi di Teras Malioboro sudah memenuhi spesifikasi Kementerian Kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Teras Malioboro 2, pusat pedagang kaki lima di kawasan Malioboro Kota Yogyakarta, kini dilengkapi dengan ruang laktasi untuk memfasilitasi para ibu menyusui.

"Keberadaan ruang laktasi di ruang publik ini menunjukkan Pemerintah Kota Yogyakarta serius memberikan dukungan dalam upaya pengendalian stunting," kata Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya saat meresmikan ruang laktasi di Teras Malioboro 2 Yogyakarta, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga

Ruang laktasi di Teras Malioboro 2 dirancang untuk memfasilitasi para ibu menyusui bayi dengan nyaman. Fasilitas itu juga dilengkapi dengan tempat mengganti popok dan tempat mencuci tangan serta tempat sampah. Ruang laktasi tersebut sudah masuk dalam aplikasi Ruang Sehati, yang memungkinkan pengguna mengakses informasi mengenai lokasi ruang laktasi, tumbuh kembang bayi, hingga layanan konsultasi.

Menurut Aman, Pemerintah Kota Yogyakarta akan melakukan observasi lanjutan untuk menyediakan fasilitas serupa di tempat tujuan wisata lain di Kota Yogyakarta. "Kami akan observasi titik lain untuk penyediaan ruang laktasi dengan spesifikasi teknis yang ideal," katanya.

Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta akan melakukan pembinaan untuk memperbaiki pengelolaan ruang-ruang laktasi yang sudah tersedia tetapi belum terkelola dengan baik. Ketua Tim Peneliti dari Universitas Respati Yogyakarta Giyawati Yulilania Okinarum sebagai inisiator penyediaan ruang laktasi di Teras Malioboro mengatakan ketersediaan ruang laktasi di lokasi wisata saat ini masih minim.

"Agak sulit mencari ruang laktasi yang layak dan nyaman di tempat wisata. Padahal banyak ibu menyusui yang juga berwisata dan mereka membutuhkan fasilitas tersebut," ungkapnya.

Menurut Giyawati, ruang laktasi di Teras Malioboro dipastikan sudah memenuhi spesifikasi teknis menurut aturan dari Kementerian Kesehatan. Dia menuturkan setiap pengelola ruang publik punya kewajiban menyediakan ruang laktasi untuk memfasilitasi para ibu menyusui bayi.

Usrifatul Jannah, seorang wisatawan asal Madura, mengatakan ruang laktasi di Teras Malioboro 2 akan membantu banyak ibu menyusui. "Tidak hanya wisatawan tetapi juga warga lain di kawasan Malioboro. Ruangan ini akan memudahkan ibu menyusui bayinya. Sangat bermanfaat," kata Usrifatul.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA