Kamis 09 Jun 2022 11:45 WIB

Gattuso Ungkap Penyakit Autoimun yang Dideritanya

Gennaro Gattuso menegaskan penyakit autoimun tak menghalangi pekerjaannya.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Gennaro Gattuso tetap memimpin Napoli meski menderita penyakit mata dalam pertandingan kontra Inter Milan pada 17 Desember 2020
Foto: antara/reuters
Gennaro Gattuso tetap memimpin Napoli meski menderita penyakit mata dalam pertandingan kontra Inter Milan pada 17 Desember 2020

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Pelatih baru Valencia, Gennaro Gattuso, mengungkapkan soal penyakit autoimun yang telah lama dideritanya. Pelatih asal Italia itu mengaku ia memiliki penyakit miastenia gravis okular. Namun menegaskan kalau penyakit ini tidak menghalanginya untuk beraktivitas sebagai pelatih profesional.

Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Untuk miastenia gravis okular menyerang mata yang biasanya berefek penglihatan ganda (diplopia) atau kelopak mata terkulai (ptosis).

Baca Juga

"Saya juga tidak pernah menyembunyikan apa pun di sini. Saya seperti banyak orang, memiliki penyakit autoimun yang disebut miastenia okular," kata Gattuso, dikutip dari Marca, Kamis (9/6/2022).

Meski telah lama menderita penyakit itu, tapi mantan pelatih AC Milan itu menyatakan penyakitnya terkendali dan tidak membatasi pekerjaannya dengan cara apa pun.

"Saya tidak memiliki kendala, sehingga saya selalu berlatih. Bahkan di Napoli, di mana saya melatih pemain hebat di klub hebat," kata dia.

Pada 17 Desember 2020, Gattuso pernah mendampingi Napoli menggunakan kaca mata saat menghadapi Inter Milan di Serie A.

Gattuso akan menghadapi mantan pelatihnya di AC Milan, Carlo Ancelotti di La Liga Spanyol. Ancelotti lebih dulu ke Spanyol, setelah menjadi pelatih Real Madrid. 

Gattuso menyatakan selalu mendukung Ancelotti, karena pernah memenangkan 11 trofi bersamanya di Milan. Gattuso menyebut Ancelotti sebagai seorang master.

"Dia mengelola semua tim. Dia melakukannya 30 tahun yang lalu dan dia melakukannya sekarang, seperti yang dia tunjukkan di Real Madrid. Akan sangat menyenangkan bertemu dengannya di lapangan di La Liga," kata Gattuso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement