Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Ronaldo Selesaikan Nazar Perjalanan 200 Km Usai Real Valladolid Promosi

Kamis 09 Jun 2022 11:03 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah

Ronadlo Luis Nazario Lima, Presiden Real Valladolid.

Ronadlo Luis Nazario Lima, Presiden Real Valladolid.

Foto: EPA-EFE/Jerome Favre
Ronaldo yang menjabat Presiden Real Valladolid bahagia timnya promosi ke La Liga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai seorang pria sejati Ronaldo Nazario Luis da Lima berusaha menepati janjinya. Termasuk nazarnya ketika klubnya, Real Valladolid, terdegradasi musim lalu.

Saat itu, mantan striker top Brasil yang kini menjabat sebagai Presiden Real Valladolid berjanji akan melakukan ziarah ke Santiago de Compostela di Galicia jika promosi ke La Liga Primera. Setelah promosi didapatkan klub, dia pun memulai perjalanannya menuju tempat ziarah tersebut dengan eBike.

Baca Juga

Salah satu rute perjalanan yang diambil Ronaldo adalah Jalur Musim Dingin, yakni dari Stadion Jose Zorrilla Valladolid ke Santiago. Pada Senin (6/6/2022) waktu setempat, dia memulai berjalan dalam empat kali 50 km bersama rekannya, Celina Locks, seorang fisioterapis, dan personel pendukung.

Dilansir dari laman Football Espana, Kamis (9/6/2022), Ronaldo tetap merasakan rasa sakit yang signifikan selama perjalanan itu. Namun itu tidak memutus tekadnya untuk melanjutkan perjalanan.

"Banyak otot yang pegal dan nyeri di bokong. Namun itu sangat berharga. Saya telah memikirkan ribuan hal selama beberapa hari ini, tahun ini kami bekerja keras dengan Valladolid dan kami kembali ke Primera," kata Ronaldo.

Ronaldo pun turut mengungkapkan rencana Valladolid ke depan. Valladolid ingin mempertahankan posisi mereka di La Liga.

"Perjalanan yang sulit, tapi sekarang direktur olahraga saya, Fran Sanchez, akan mengalami kesulitan dengan penandatanganan kontrak. Kami harus membentuk tim yang bagus untuk menjadi kompetitif," kata Ronaldo.

Ronaldo turut mengomentari perjalanan yang dia lalui itu. Dia mendapatkan energi berharga dari setiap dukungan yang diterimanya.

"Katedral itu indah, disini Anda memperlihatkan emosi dan energi dari masyarakatnya. Saya tidak mengharapkan sambutan dan dukungan luar biasa seperti ini. Kita harus mengetahui kisah luar biasa di balik orang-orang yang pernah ada di sini," kata Ronaldo.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA