Rabu 08 Jun 2022 23:59 WIB

Pengalaman Ziarah di Jabal Uhud

Jabal Uhud jadi salah satu tempat ziarah yang banyak di datangi jamaah haji Indonesia

Rep: Achmad Syalaby Ichsan/ Red: Fian Firatmaja
Jamaah sedang berziarah ke Kawasan Jabal Uhud di Madinah, Arab Saudi, Kamis (8/6).
Foto: Dok. Istimewa
Jamaah sedang berziarah ke Kawasan Jabal Uhud di Madinah, Arab Saudi, Kamis (8/6).

IHRAM.CO.ID, MADINAH — Memasuki hari kelima sejak pemberangkatan jamaah haji Indonesia pertama, tempat-tempat ziarah mulai didatangi oleh para jamaah. Salah satunya adalah kawasan Jabal Uhud yang berada di pinggiran Madinah. Di kawasan ini, para jamaah mendaki bukit Rumad yang menjadi salah satu tempat para pemanah pasukan kaum Muslimin. 

Menurut Sirah, Jabal Uhud menjadi saksi bisu saat kemenangan kaum Muslimin yang sudah di depan mata berbalik menjadi kekalahan. Sebagian pasukan pemanah terpengaruh oleh harta rampasan perang yang sudah berhasil didapatkan dari kaum kafir Quraisy. Saat hendak mengambil harta rampasan, mereka kembali diserang musuh. Banyak pasukan kaum Muslimin yang menjadi korban. Salah satunya adalah Sayyidina Hamzah Ibnu Muthalib yang gugur akibat serangan tombak Wahsy. 

Makam Sayyidina Hamzah pun tampak dikunjungi oleh para jamaah. Mereka mendoakan pamanda Rasulullah tersebut yang dijuluki Singa Allah tersebut. Di area makam, tampak plang imbauan dari pemerintah setempat agar jamaah tidak berdoa atau meminta permohonan kepada penghuni kubur. Jamaah juga diimbau untuk mengucapkan salam dan mendoakan penghuni makam. 

Berikut video perjalanan jurnalis Republika di Jabal Uhud, Madinah.

 

 

 

 

Videografer | Achmad Syalaby Ichsan

Video Editor | Fian Firatmaja

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement