Kamis 09 Jun 2022 03:35 WIB

Seribu Balita di Hulu Sungai Tengah Alami Gizi Buruk

Stunting merupakan sebuah kondisi gagal tumbuh dan berkembang akibat kurangnya gizi.

Bidan desa memberikan vitamin kepada balita. Seribu Balita di Hulu Sungai Tengah Alami Gizi Buruk
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Bidan desa memberikan vitamin kepada balita. Seribu Balita di Hulu Sungai Tengah Alami Gizi Buruk

REPUBLIKA.CO.ID, HULU SUNGAI TENGAH -- Sedikitnya seribu bayi di bawah usia lima tahun (balita) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan mengalami gizi buruk. Jumlah tersebut dikategorikan cukup tinggi.

Bupati Hulu Sungai Tengah Aulia Oktafiandi mengatakan masalah gizi buruk dan stunting (kekerdilan) menjadi komitmen bersama dalam penurunan dan pencegahannya. "Semoga ke depan dengan sinergi dapat menangani masalah stunting dan bisa menurunkan angka kematian ibu dan bayi," ucapnya, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga

Data Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Tahun 2022, Kabupaten Hulu Sungai Tengah tingkat prevalensi sebaran kasus stunting masih di angka 10,6 persen. Artinya, dari 15.506 balita di daerah itu, sebanyak 1.269 anak tingkat pertumbuhannya masih tergolong pendek dan 380 anak dikategorikan sangat pendek.

Berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia atau SSGI, kasus stunting Kalsel masih berada di atas rata-rata nasional dan menempati urutan ke-6 tertinggi di Indonesia dengan angka 30 poin. Sedangkan Hulu Sungai Tengah menempati urutan ke-9 dari 13 Kabupaten Kota di Kalsel.

Stunting merupakan sebuah kondisi gagal tumbuh dan berkembang yang dialami anak-anak akibat kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama, infeksi berulang, serta stimulasi psikososial yang tidak memadai, terutama pada seribu hari pertama kelahiran anak. Menanggapi hal tersebut, Pemkab setempat melakukan beberapa upaya penurunan kasus stunting dengan melakukan Rembuk Stunting dan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak termasuk Forkopimda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement