Rabu 08 Jun 2022 19:36 WIB

Timnas Basket Putra Bertolak ke Australia, Uji Tanding Melawan 10 Klub

Timnas akan berada di Australia hingga 15 hari ke depan.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Timnas basket Indonesia meraih emas SEA Games Vietnam.
Foto: ARIYA Kurniawan/Perbasi
Timnas basket Indonesia meraih emas SEA Games Vietnam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas bola basket 5x5 putra bertolak ke Australia pada hari ini Rabu (8/6/2022). Perjalanan ke Negeri Kanguru untuk memantapkan persiapan menuju FIBA Asia Cup 2022 Juli nanti. Di sana, timnas akan menjalani 10 pertandingan uji coba.

"Kami ingin anak-anak mendapatkan pembelajaran langsung dimana level bola basket di Australia itu yang kita tahu adalah rangking ketiga di FIBA dunia," ungkap Manajer Timnas bola basket 5x5 putra Jeremy Imanuel Santoso.

Baca Juga

Timnas akan berada di Australia hingga 15 hari ke depan. Selama itu, mereka akan menjalani 10 uji coba melawan klub NBL1.

Klub-klub tersebut adalah Diamond Valley Eagles, Wyndham, Eltham Wildcats, Waverley Falcons, Sunshine Coast Phoenix, juga South West Metro Pirates. Kemudian Southern District Spartans, Logan Thunder, Ipswich Force, dan Brisbane Capitals.

"Mereka memiliki postur-postur pemain dan memiliki cara bermain yang sangat tinggi. Jadi di Australia ini mempersiapkan secara langsung anak-anak melawan level bola basket yang jauh lebih tinggi dari SEA Games. Itu harapan kami di Australia dengan memainkan 10 game," ungkapnya.

Untuk try out di Australia ini, sebanyak 16 pemain diboyong. Mereka adalah kombinasi pemain yang meraih emas di SEA Games Hanoi lalu ditambah pemain muda.

Mereka masuk untuk mengisi slot yang ditinggalkan Hardianus Lakudu karena cedera. Kemudian Dame Diagne yang harus fokus jalani ujian akhir tahun.

"Kita bawa 10 pemain SEA Games selain Hardianus yang cedera dan Dame yang ujian akhir tahun. Pemain itu akan ikut dan menambah roster kita menjadi 16 orang," kata dia.

Dari skuad SEA Games Hanoi ada Brandon Jawato, Marques Bolden, Derrick Michael, Abraham Damar Grahita, Agassi Goantara, Juan Kokodiputra, Arki Dikania Wisnu, Vincent Kosasih, Yudha Saputera dan Andakara Prastawa. Kemudian ditambah Widyanta Putra Teja, M. Arighi Hadran Noor, Kelvin Sanjaya, Ali Bagir Alhadar, Kevin Yonas Argadiba Sitorus, dan Aldy Izzatur Rachman.

Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi berharap para pemain memanfaatkan dengan baik tur ke Australia ini. Diharapkan, setelah dari Australia level permainan timnas akan semakin naik.

"Ke depan, rivalitas akan semakin ketat karena kita jadi tuan rumah FIBA Asia Cup. Jadi try out ke Australia ini kesempatan yang sangat berharga. Para pemain harus bisa memanfaatkan betul momentum Ini untuk menaikkan level permainan," kata Nirmala.

Berikut 16 pemain yang dibawa oleh timnas:

1. Andakara Prastawa Dhyaksa

2. Yudha Saputera

3. Widyanta Putra Teja

4. Arki Dikania Wisnu

5. Aggasi Yeshe Goantara

6. Abraham Damar Grahita

7. Juan Laurent Kokodiputra

8. Brandon Jawato 

9. Vincent R. Kosasih

10. Derrick M. Xzavierro

11. Marques T. Bolden 

12. M. Arighi Hadran Noor

13. Kelvin Sanjaya

14. Kevin Yonas Argadiba Sitorus

15. Ali Bagir Alhadar

16. Aldy Izzatur Rachman

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement