Rabu 08 Jun 2022 22:55 WIB

Pembawa Acara TV Tertua Korsel Tutup Usia

Pembawa acara TV tertua Korsel, Song Hae hembuskan nafas terakhir pada usia 95 tahun

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Pembawa acara TV tertua Korea Selatan (Korsel) Song Hae menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 95 tahun
Foto: AP/Ahn Young-joon
Pembawa acara TV tertua Korea Selatan (Korsel) Song Hae menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 95 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Pembawa acara TV tertua Korea Selatan (Korsel) Song Hae menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 95 tahun pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat. Polisi dan pejabat rumah sakit menuturkan bahwa Song wafat pada pagi hari di rumahnya di Seoul selatan.

Seperti dilansir laman Yonhap News Agencies, Song telah dirawat di rumah sakit untuk perawatan medis dan boleh pulang beberapa kali tahun ini. Ia sempat dinyatakan positif Covid-19 pada Maret.

Lahir pada 1927 di Provinsi Hwanghae di Korea Utara saat ini, Song melintasi perbatasan antar-Korea ke Selatan selama Perang Korea 1950-53. Dia memulai karir hiburannya di usia 20-an dan bekerja sebagai komedian, penyanyi, aktor dan DJ radio sepanjang karirnya.

Dia memiliki kehadiran yang kuat setelah dia menjadi pembawa acara "Kontes Menyanyi Nasional" KBS, sebuah acara kompetisi menyanyi nasional yang diluncurkan pada 1980. Song terdaftar sebagai pembawa acara bakat musik TV tertua di dunia di Guinness World Record untuk menjadi pembawa acara KBS selama 34 tahun.

Sementara program tersebut ditangguhkan selama lebih dari satu tahun karena pandemi, ia mempertimbangkan untuk meninggalkan acara tersebut, dengan alasan masalah kesehatan. Dia meninggalkan dua anak perempuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement