Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

3 Jus Sayur Ini Bisa Bantu Turunkan Hipertensi

Kamis 09 Jun 2022 00:30 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani, Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Aneka minuman jus (ilustrasi). Jus wortel, bit merah, dan bengkuang dapat membantu menurunkan hipertensi.

Aneka minuman jus (ilustrasi). Jus wortel, bit merah, dan bengkuang dapat membantu menurunkan hipertensi.

Foto: www.freepik.com
Ada 3 jenis sayuran yang bisa diasup dalam bentuk jus, efektif turunkan hipertensi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada sekitar 1,13 miliar orang di dunia yang mengidap hipertensi. Bila tak terkendali, hipertensi bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan strok.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya hipertensi adalah pola makan yang buruk, termasuk kurang mengonsumsi sayur. Akan tetapi, bagi sebagian orang, meningkatkan konsumsi sayur bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Baca Juga

Bagi orang-orang yang mengalami kesulitan ini, jus sayur bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan asupan sayur. Menurut studi yang dilakukan oleh tim peneliti asal China, konsumsi sayur dalam bentuk jus juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences tersebut mengungkapkan bahwa ada tiga jenis sayuran yang bisa dikonsumsi dalam bentuk jus dan efektif menurunkan tekanan darah. Ketiga jenis sayuran tersebut adalah bit merah, wortel, dan bengkuang.

"Studi menunjukkan bahwa jus buah dan sayur mempengaruhi faktor risiko kardiovaskular, seperti menurunkan tekanan darah dan memperbaiki profil lipid darah," ungkap tim peneliti, seperti dilansir Express, Rabu (8/6/2022).

Secara spesifik, sebuah analisis juga menunjukkan bahwa jus bit merah dapat menurunkan tekanan darah pada individu sehat dan individu penderita hipertensi. Akan tetapi, konsumsi jus bit merah tak memberikan efek serupa pada individu pengidap diabetes tipe 2.

"Kandungan nitrat yang tinggi pada sayuran tertentu mungkin merupakan sumber dari oksida nitrat yang bersifat melindungi kardiovaskular," jelas tim peneliti.

Dalam satu sajian jus bit merah berukuran 500 ml, terdapat kandungan nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah sekitar tiga jam setelah jus diminum. Dua studi lain juga menemukan bahwa konsumsi bit merah yang kaya akan nitrat dapat memberikan efek penurun tekanan darah.

"Sebuah studi lain mengonfirmasi bahwa tekanan darah sistolik menurun secara signifikan setelah minum jus bit merah," ungkap tim peneliti.

Di sisi lain, konsumsi jus wortel tampak mampu menurunkan tekanan darah sistolik pada orang-orang yang memiliki kadar kolesterol plasma dan trigliserida yang tinggi. Sedangkan jus bengkuang dapat menurunkan kadar tekanan darah diastolik pada individu sehat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA