Rabu 08 Jun 2022 13:56 WIB

Calhaj dari Barat Wajib Daftar Secara Online

Calon jamaah haji sekarang harus mengajukan permohonan kuota atau slot.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Jamaah Haji Ilustrasi
Foto: Republika/Nasih Nasrullah
Jamaah Haji Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  RIYADH -- Jelang beberapa minggu sebelum pelaksanaan ibadah haji 2022, Arab Saudi memperkenalkan aturan baru bagi calon jamaah dari negara-negara Barat. Kini, mereka harus memesan perjalanan melalui situs web Pemerintah Saudi, bukan melalui agen perjalanan di negara masing-masing.

Kementerian Haji Arab Saudi mengkonfirmasi peziarah dari Eropa, Amerika dan Australia wajib mendaftar melalui situs web Motawif. Para peziarah akan mengetahui apakah mereka telah mendapatkan kuota secara undian atau langsung.

Baca Juga

Hingga saat ini, Kementerian Haji belum mengatakan kapan pengundian akan dilakukan. Tetapi, mereka menyarankan agar calon jamaah haji meminta pengembalian uang dari operator atau agen tur yang telah mengambil simpanan bagi Muslim yang ingin melakukan haji.

Dilansir di Middle East Eye, Rabu (8/6/2022), calon jamaah haji sekarang harus mengajukan permohonan kuota atau slot untuk menghadiri haji tahunan. Setelah disetujui, mereka bisa memesan penerbangan dan hotel langsung dengan Pemerintah Saudi.

Adapun ibadah haji merupakan salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia. Hal ini juga dianggap sebagai kewajiban agama bagi setiap Muslim yang sehat dan mampu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement