Rabu 08 Jun 2022 09:42 WIB

YouTube Tambahkan Audio 5.1 di Google dan Android TV

Fitur audio 5.1 akan tiba dalam waktu dekat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
YouTube
Foto: EPA
YouTube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hampir setahun yang lalu, YouTube TV mengumumkan rencana untuk menambahkan dukungan 5.1 Audio untuk paket TV streamingnya. Menurut Kepala Produk YouTube Neal Mohan pada awal tahun ini, fitur tersebut akan tiba dalam waktu dekat.

Sekarang, YouTube menambahkannya di sejumlah perangkat, termasuk Chromecast terbaru dengan Google TV. Perusahaan mengumumkan selain dukungan suara yang sudah ada sebelumnya di Chromecast dan TV tradisional yang dibuat oleh Vizio, LG, atau Samsung, pengalaman audio yang imersif diluncurkan ke Google TV, Android TV, dan Roku.

Baca Juga

Kabar tersebut diumumkan melalui akun Twitter YouTube TV. “Kami tahu Anda telah menunggu dan akhirnya sudah siap. 5.1 Audio diluncurkan pada pekan ini di seluruh perangkat Google TV, Android TV, dan Roku,” kata @YouTubeTV.

Dikutip The Verge, Rabu (8/6/2022), menurut halaman dukungan untuk YouTube TV, jika Anda memiliki pengaturan perangkat keras yang kompatibel dan program yang Anda tonton tersedia dengan audio 5.1, itu akan menyala secara otomatis.

Jika Anda ingin menonton konten dan Anda tidak yakin apakah fitur itu masuk, salah satu cara untuk memeriksanya dengan membuka jendela "Stats for nerds" untuk melihat apakah Anda dapat menemukan AC-3/EAC-3 di bawah codec bagian yang menunjukkan Anda berada di umpan yang benar.

Nantinya, fitur tersebut akan tersedia di beberapa saluran tambahan. “Kami masih bekerja secara internal dan dengan mitra untuk mengaktifkan 5.1 di Apple TV, Fire TV, dan konsol game. Kami akan memperbarui jika fitur itu sudah tersedia,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement