Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Cara Jitu Cegah Anak Terserang Hepatitis Akut

Rabu 08 Jun 2022 07:00 WIB

Red: Natalia Endah Hapsari

Anak sakit (ilustrasi)

Anak sakit (ilustrasi)

Foto: www.piqsels.com
Penyakit ini juga menular melalui saluran pencernaan dan pernapasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Belum lama ini ditemukan kasus penyakit hepatitis akut yang menyerang anak-anak usia 1 bulan hingga 16 tahun di Eropa, Amerika serta Asia. Bahkan, penyakit tersebut telah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Penyakit ini pun telah ditemukan di Indonesia.

Penderitanya mengalami gejala seperti mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang, dan penurunan kesadaran. Penyakit ini juga menular melalui saluran pencernaan dan pernapasan.

Untuk mencegah tertular penyakit ini, para orang tua perlu meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan dengan menggiatkan pola hidup sehat dan bersih. Biasakan anak untuk selalu cuci tangan setelah memegang atau melakukan aktivitas karena banyak virus dan bakteri yang menempel di telapak tangan.

Jangan lupa untuk memperhatikan makanan yang dimakan anak-anak dengan cara memasak makanan hingga matang dan sebelumnya cuci bahan makanan hingga bersih. Alat makan yang digunakan juga tidak boleh bergantian dengan orang lain guna menghindari penularan penyakit.

Baca juga : Peneliti Kategorikan 100 Gejala Long Covid, Penyebabnya Belum Diketahui Pasti

Selain itu, perlu juga mempersiapkan vitamin atau meminum suplemen yang berbahan herbal untuk menjaga daya tahan tubuh dan yang tidak menimbulkan efek samping bagi anak, seperti suplemen Herbamuno+.

Herbamuno+ merupakan produk inovasi suplemen herbal dari Mustika Ratu dalam bentuk tablet yang dapat dikonsumsi seluruh masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa (lansia).

Di dalam satu tablet Herbamuno+ terkandung lima bahan herbal, yaitu sambiloto, jahe emprit, akar manis, meniran, dan daun jambu mete.

Daun meniran sendiri dipercaya dapat menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan saluran empedu serta berkhasiat dalam menurunkan jumlah virus hepatitis B dalam darah. Daun ini juga sebagai imunomodulator dalam menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga : Kasus Hepatitis Akut Bertambah Jadi 25

Daun meniran juga dapat diseduh untuk dikonsumsi. Namun, mengkonsumsi daun ini perlu persetujuan dokter untuk menghindari terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.

Lebih praktis, tentu saja dengan mengonsumsi suplemen yang telah diolah dengan takaran yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari konsumsi daun meniran seperti produk Herbamuno+.

 

sumber : siaran pers
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA