Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Australia Jaga Asa ke Piala Dunia 2022 Setelah Depak UEA

Rabu 08 Jun 2022 06:31 WIB

Red: Israr Itah

Pemain Australia Ajdin Hrustic (kiri) merayakan golnya ke gawang UEA pada laga playoff Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Pemain Australia Ajdin Hrustic (kiri) merayakan golnya ke gawang UEA pada laga playoff Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Foto: EPA-EFE/NOUSHAD THEKKAYIL
Australia mengalahkan UEA 2-1 dalam playoff akhir zona Asia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Australia menjaga harapan berlaga di Piala Dunia 2022 setelah tampil sebagai pemenang dalam playoff akhir zona Asia. The Socceroos mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) 2-1 pada Selasa (7/6/2022) untuk menghadapi Peru pekan depan demi memperebutkan satu tempat di Qatar dalam laga playoff antarbenua.

Ajdin Hrustic membuat gol penentu kemenangan Australia pada menit ke-84 setelah tembakannya membentur bek UEA Ali Salmeen dan berubah arah melewati kiper Khaled Eisa. Kemenangan di Stadion Ahmad bin Ali Al Rayyan Qatar itu menjaga harapan Australia lolos ke putaran final Piala Dunia kelima berturut-turut.

Baca Juga

Jackson Irvine membuat tim Australia asuhan Graham Arnold unggul dengan tendangan jarak dekat pada menit ke-53. Namun Caio Canedo menyamakan kedudukan empat menit kemudian dengan penyelesaian deras ke atap gawang Mathew Ryan.

Tim negeri Kanguru meningkatkan tekanan sepanjang babak kedua dan akhirnya berbuah hasil ketika tendangan voli Hrustic menyusul sebuah sepak pojok Aaron Mooy bersarang di gawang UEA meski terbantu oleh pantulan Salmeen.

“Kami menunjukkan karakter yang baik, dan menurut saya kami mendominasi sebagian besar permainan dan kami mengambil peluang yang datang,” kata pemain Australia Martin Boyle.

"Ini baru setengah tugas. Kami harus bersiap dan kami akan pergi lagi," katanya seperti dikutip Reuters.

UEA sempat mendapat peluang di babak pertama ketika Harib Abdalla Suhail memaksa Ryan melakukan sepasang penyelamatan di tiang dekat.

Namun delapan menit memasuki babak kedua dalam sebuah serangan Boyle memberi umpan pada Irvine, yang mencetak gol dalam kotak 16.

Keunggulan Australia hanya bertahan empat menit saat kecepatan Suhail terbukti bermasalah bagi tim lawan. Pemain sayap klub Shabab Al Ahli itu melepaskan umpan silang dan disambut Caio dengan melepaskan tendangan kaki kirinya ke atap gawang.

Australia terus mengancam gawang lawan ketika Craig Goodwin dan Hrustic nyaris membuat gol Kiper Eisa juga tampil cemerlang ketika ia berhasil menggagalkan upaya Jamie Mcclaren di menit ke-80. Namun empat menit kemudian ia tidak kuasa untuk menahan arah bola tembakan Hrustic yang berbelok.

Socceroos akan bertemu Peru di tempat yang sama Senin depan di playoff pertama dari dua playoff antarbenua untuk menentukan tempat yang tersisa di final, sementara Selandia Baru akan menghadapi Kosta Rika di kualifikasi akhir 24 jam kemudian.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA