Selasa 07 Jun 2022 21:03 WIB

Cannavaro Yakin Gattuso Bisa Angkat Performa Valencia

Rino (Gattuso) adalah contoh pelatih profesional.

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Fabio Cannavaro
Foto: EPA-EFE/ALEX PLAVEVSKI
Fabio Cannavaro

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Mantan bek tengah Real Madrid, Fabio Cannavaro, menilai, tudingan yang dilontarkan sekelompok fans Valencia terhadap Gennaro Gattuso sama sekali tidak memiliki dasar.

Cannavaro justru menyebut, Gattuso merupakan salah satu pelatih dengan segudan prestasi. Karena itu, Cannavaro mendukung sepenuhnya apabila mantan rekan setimnya di Timnas Italia itu dipercaya menukangi Valencia untuk menggantikan Jose Bordalas.

Manajemen Valencia memang memutuskan telah memecat Bordalas usai hanya mampu mengantarkan Los Che finish di peringkat kesembilan La Liga musim ini.

''Rino (Gattuso) adalah contoh pelatih profesional. Dia juga telah meraih berbagai kesuksesan saat menjadi pelatih.”

“Dia tidak bisa dinilai oleh sekelompok orang di media sosial, yang bahkan tidak tahu siapa dia. Saya yakin, dia bisa meraih kesuksesan di Valencia,'' ujar Cannavaro seperti dilansir Football Italia, Selasa (7/6).

Gattuso, yang sukses mengantarkan Napoli meraih titel Coppa Italia pada musim 2019/2020, itu memang begitu santer disebut-sebut bakal segera menangani Los Che.

Bahkan, pemilik Valencia, Peter Lim, sudah bertemu langsung dengan Gattuso dan agennya, Jorge Mendes, di Singapura untuk memuluskan penunjukan Gattuso sebagai pelatih anyar Valencia.

Namun, rencana manajemen klub ini mendapat penolakan dari kelompok fans Valencia. Lewat kampanye #NoToGattusso di media sosial, fans Valencia menolak kehadiran mantan gelandang bertahan AC Milan itu sebagai pelatih kepala Los Che.

Pangkal penolakan ini terletak pada sejumlah pernyataan kontroversial, yang sempat dikeluarkan Gattuso pada 2008 silam. Lewat berbagai pernyataannya, Gattuso dianggap seksis, rasialis, dan homophobia.

Kondisi serupa juga sempat menimpa eks pelatih AC Milan tersebut pada tahun lalu. Saat itu, Gattuso dikabarkan sudah begitu dekat dengan kursi pelatih Tottenham Hotspur.

Namun, atas desakan dari kelompok suporter, manajemen Spurs akhirnya mengurungkan niat merekrut Gattuso. Manajemen The Lilywhites memilih untuk menunjuk Nuno Espirito Santo sebagai pelatih kepala tim asal London Utara tersebut.

Belakangan, Gattuso sempat membantah semua tudingan yang dialamatkan kepada dirinya. Cannavaro pun menilai, tuduhan yang ditujukan kepada Gattuso itu sama sekali tidak berdasar.

''Tuduhan itu sangat absurd. Sebenarnya jajaran direksi di Valencia masih berbeda pendapat (soal penunjukan Gattuso). Kondisi itu pula yang terjadi di Tottenham Hotspur,'' ujar mantan kapten dan bek tengah Timnas Italia tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement