Rabu 08 Jun 2022 03:35 WIB

Mediator AS akan Kunjungi Lebanon Bicarakan Sengketa Perbatasan Israel

-Lebanon dan Israel terlibat sengketa wilayah laut seluas 860 kilometer persegi

Mediator AS Amos Hochstein akan mengunjungi Lebanon pekan depan untuk membicarakan sengketa perbatasan laut dengan Israell
Mediator AS Amos Hochstein akan mengunjungi Lebanon pekan depan untuk membicarakan sengketa perbatasan laut dengan Israell

REPUBLIKA.CO.ID., BEIRUT -- Mediator AS Amos Hochstein akan mengunjungi Lebanon pekan depan untuk membicarakan sengketa perbatasan laut dengan Israel, kata ketua parlemen Lebanon, Selasa (7/6/2022). Nabih Berri mengatakan pada sesi parlemen bahwa Hochstein akan tiba di Beirut pada Minggu atau Senin.

Ketegangan meningkat antara Lebanon dan Israel awal pekan ini menyusul masuknya kapal bernama Energean Power ke wilayah maritim yang disengketakan.

Pada hari Senin, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan perselisihan dengan Lebanon mengenai gas alam akan diselesaikan dalam kerangka negosiasi tidak langsung di bawah mediasi AS.

Lebanon dan Israel terlibat dalam sengketa wilayah laut seluas 860 kilometer persegi (332 mil persegi), menurut peta yang dikirim oleh kedua negara ke PBB pada tahun 2011. Daerah ini kaya akan gas alam dan minyak.

Lima sesi negosiasi tidak langsung diadakan antara Lebanon dan Israel di bawah sponsor PBB dan mediasi AS. Putaran terakhir pembicaraan berlangsung pada Mei 2021 tetapi buntu karena perbedaan besar.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/mediator-as-akan-kunjungi-libanon-bicarakan-sengketa-perbatasan-israel/2607652
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement