Rabu 08 Jun 2022 00:24 WIB

Ilmuwan Temukan Zat Kimia Baru, Sangat Reaktif di Atmosfer

Ilmuwan menemukan hidrotrioksida yang bisa berada di atmosfer selama beberapa jam.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Sinar Cahaya Bumi yang Mengarah ke Atmosfer. ilustrasi
Foto: Sciencealert
Sinar Cahaya Bumi yang Mengarah ke Atmosfer. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan mengonfirmasi jenis senyawa baru di atmosfer. Menurut sebuah studi baru, jutaan ton kelas senyawa yang sangat reaktif yang dikenal sebagai hidrotrioksida dapat tetap berada di atmosfer selama beberapa jam.

Zat ini berpotensi mempengaruhi kesehatan manusia dan iklim global. Molekul berinteraksi dengan senyawa lain sangat cepat. Kehadiran molekul-molekul ini memaksa ahli kimia untuk mempertimbangkan kembali bagaimana proses atmosfer bekerja.

Baca Juga

Hidrotrioksida merupakan molekul kimia yang mencakup atom hidrogen dan tiga atom oksigen. Molekul ini telah lama dianggap terlalu tidak stabil untuk hidup lama di udara.

Namun, penelitian saat ini menunjukkan bahwa hidrotrioksida adalah produk sampingan umum dari banyak reaksi kimia. Menurut penelitian, zat ini dapat tetap cukup stabil untuk bereaksi dengan molekul lain di lingkungan.

"Kami menunjukkan bahwa masa hidup salah satu dari mereka setidaknya 20 menit," kata Henrik Grum Kjærgaard, ahli kimia di Universitas Kopenhagen, dilansir dari Live Science.

Studi ini diterbitkan secara online di jurnal Science pada 26 Mei. Penemuan ini tidak menyiratkan bahwa sesuatu yang baru sedang terjadi di atmosfer. Sebaliknya, hidrotrioksida tampaknya telah berkembang di masa lalu. Studi baru ini adalah yang pertama mengkonfirmasi keberadaan senyawa ultra-reaktif ini di atmosfer.

Oksidan kuat

Hidrotrioksida adalah bentuk hidrogen peroksida yang dapat ditemukan di alam. Air, atau H2O adalah hidrogen peroksida paling dasar dan umum, terdiri dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.

Banyak peroksida sangat mudah terbakar karena atom oksigen tambahan. Kadang, bahan ini digunakan sebagai komponen bahan bakar roket. Hidrotrioksida adalah bentuk lain dari peroksida karena memiliki tiga atom oksigen yang terhubung satu sama lain. 

Meskipun sebelumnya diketahui bahwa peroksida dapat berkembang di atmosfer sebagai akibat dari interaksi kimia, sebelumnya tidak diketahui bahwa hidrotrioksida juga dapat terbentuk di sana, meskipun untuk waktu yang singkat sebelum terurai menjadi senyawa yang kurang reaktif.

Menurut temuan, sekitar 11 juta ton (10 juta metrik ton) hidrotrioksida dilepaskan ke atmosfer setiap tahun sebagai akibat dari salah satu reaksi yang paling umum: oksidasi isoprena, bahan kimia yang dihasilkan oleh banyak tumbuhan dan hewan dan komponen utama karet alam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement