Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Jangan Gengsi Makan Ikan Lele: Harganya Memang Murah, Tapi Sangat Bergizi

Selasa 07 Jun 2022 16:20 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Seorang pembudidaya memperlihatkan ikan lele budidaya kolam bioflok di Desa Tanjung Langkahan, Aceh Utara, Aceh, Rabu (28/10/2020). Ikan lele terkenal sangat bergizi.

Seorang pembudidaya memperlihatkan ikan lele budidaya kolam bioflok di Desa Tanjung Langkahan, Aceh Utara, Aceh, Rabu (28/10/2020). Ikan lele terkenal sangat bergizi.

Foto: Antara/Rahmad
Konsumsi ikan lele dapat membantu menurunkan angka stunting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Artati Widiarti mengajak masyarakat untuk tidak menyepelekan komoditas ikan lele untuk dikonsumsi. Sebab, ikan lele terkenal memiliki banyak manfaat.

"Harganya (ikan lele) murah, tapi tinggi gizi, jadi tidak perlu gengsi makan lele karena ini ikan yang menyehatkan," kata Artati dalam rilis di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga

Artati memaparkan, komoditas air tawar ini memiliki gizi yang tinggi. Ikan lele bermanfaat untuk kelancaran peredaran darah, sistem integumen (kulit, rambut, kuku), sistem reproduksi, sistem syaraf, dan otak, kekuatan tulang, sistem ekskresi (karena keseimbangan asam dan basa), serta kekebalan tubuh.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, dalam 100 gram ikan lele mengandung protein (18 gr), lemak (2,9 gr), natrium (50 mg), vitamin B12 (121 persen dari nilai harian), selenium (26 persen dari nilai harian), fosfor (24 persen dari nilai harian), dan tiamin (15 persen dari nilai harian). Artati mengungkapkan masyarakat di Jawa Timur, khususnya Mojokerto dan Madiun, memiliki preferensi yang tinggi dalam mengonsumsi ikan lele.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA