Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Jokowi Lantik Dewan Pengarah BPIP, Megawati Jadi Ketua

Selasa 07 Jun 2022 14:35 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani

Presiden RI Kelima yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri,

Presiden RI Kelima yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri,

Foto: istimewa
Kepala BPIP dijabat oleh Yudian Wahyudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik jajaran Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) masa jabatan 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2022). Acara pelantikan dimulai pada pukul 13.30 WIB dan masih menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Proses pelantikan diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden. Berikut susunan pengurus Dewan Pengarah BPIP yang dilantik, yakni:

Baca Juga

 

Megawati Soekarnoputri sebagai ketua

Try Sutrisno sebagai wakil ketua

Wisnu Bawa Tenaya sebagai sekretaris

Said Aqil Siradj sebagai anggota

Sudhamek sebagai anggota

Andreas Anangguru Yewangoe sebagai anggota

Rikard Bagun sebagai anggota

Muhammad Amin Abdullah sebagai anggota

 

“Kepada masing-masing yang bersangkutan diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Deputi Bidang Administrasi Apartur Kemensetneg, Nanik Purwanti saat membacakan Keputusan Presiden. 

Sementara, Kepala BPIP dijabat oleh Yudian Wahyudi dan Wakil Kepala BPIP dijabat oleh Karjono. Acara kemudian dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam menjalankan tugas dan kehidupan sehari-hari. Bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya, akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela sehingga saya dapat menjadi tauladan insan Pancasilais,” kata Jokowi saat mendiktekan sumpah jabatan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mengumandangkan lagu kebangsaan dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden dan Wakil Presiden.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA