Selasa 07 Jun 2022 13:46 WIB

Tips Bangun Bisnis Bagi Pemula, Ahli: Butuh Komitmen dan Minat Tinggi

Membangun bisnis dibutuhkan komitmen dan minat yang tinggi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Membangun bisnis dibutuhkan komitmen dan minat yang tinggi.
Foto: www.piqsels.com
Membangun bisnis dibutuhkan komitmen dan minat yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bisnis kuliner memiliki banyak peluang yang bisa diselami oleh wirausahawan. Akan tetapi, menggelutinya tidak bisa asal-asalan. Direktur Utama Dapur Cokelat, Okky Dewanto, membagikan kiat bagi pemula yang ingin memulai usaha di bidang tersebut.

Pada 2001, Okky menggagas Dapur Cokelat bersama Ermey Tristiarty yang kemudian menjadi istrinya, serta almarhum kakak Ermey, Gusnidar. Kini, 21 tahun kemudian, Dapur Cokelat telah memiliki 29 outlet dan 45 delivery point di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga

"Tips untuk pengusaha (food and beverages) harus tahan banting. Pastikan passion-nya memang di bidang ini, jangan masuk hanya karena lagi ramai. Jangan juga cengeng karena kami saja mengalami hal sulit cukup lama, apalagi sekarang masa kompetisi sangat kuat. Butuh komitmen dan passion," tutur Okky pada konferensi pers di Jakarta, belum lama ini.

Bertepatan dengan perayaan ulang tahun yang ke-21, Dapur Cokelat menghadirkan aplikasi untuk para konsumen yang dijuluki chocolaters. Okky menyampaikan eksistensi aplikasi itu ditujukan untuk memudahkan konsumen. "Aplikasi ini kami buat utamanya bukan untuk sales, bukan sebagai e-commerce, tapi sebagai sarana komunikasi, loyalty terhadap customer. Utamanya adalah bagaimana komunikasi dengan para customer," ujar Okky.

Dia menjelaskan, aplikasi itu menawarkan kemudahan mendapatkan informasi produk dan pemesanan kapan saja dan di mana saja. Dengan aplikasi yang user-friendly, pelanggan bisa mudah memesan kue favorit dengan kemudahan pemilihan tanggal, jam pengiriman, sistem pengiriman, juga metode pembayaran.

Pesanan dapat dipersonalisasi dengan catatan khusus pada kue yang ingin diberikan kepada penerima produk. Ada banyak keuntungan seperti promo harga khusus Rp 75 ribu untuk pembelian double chocolate loaf cake bagi pengguna baru yang mengunduh aplikasi Dapur Cokelat.

Setiap bulan, member aplikasi yang berulang tahun akan dipilih secara acak untuk menerima kue ulang tahun. Dapur Cokelat pun memastikan setiap pesanan tetap aman sampai di tujuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement