Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Kutub Utara Vs Kutub Selatan, Mana yang Lebih Dingin?

Selasa 07 Jun 2022 16:22 WIB

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih

Lapisan es kutub selatan

Lapisan es kutub selatan

Tempat terdingin di Bumi adalah Kutub Utara dan Kutub Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tempat terdingin di Bumi adalah Kutub Utara dan Kutub Selatan. Namun, terlepas dari betapa miripnya lokasi-lokasi ini, yang satu jauh lebih dingin daripada yang lain.

Kutub Utara dan Kutub Selatan keduanya dingin karena masing-masing berada di bagian atas dan bawah bumi. Keduanya tidak menerima sinar matahari langsung. Bahkan di tengah musim panas mereka, matahari selalu rendah di cakrawala di kedua tempat. 

Baca Juga

Dilansir dari Live Science, matahari begitu dalam di bawah cakrawala selama musim dingin kutub sehingga tidak terbit selama berbulan-bulan pada suatu waktu.

Selain itu, permukaan putih es dan salju di dekat kutub memantulkan banyak cahaya. Ini berarti bahwa sebagian besar energi dari sinar matahari yang mencapai kutub dipantulkan kembali ke angkasa, menjaga udara di atasnya tetap dingin.

Menurut Lembaga Oseanografi Woods Hole, terlepas dari kenyataan bahwa variabel-variabel ini membuat kedua kutub sangat dingin, Kutub Selatan tetap jauh lebih dingin daripada Kutub Utara. 

Suhu rata-rata tahunan Kutub Utara adalah minus 40 derajat Celcius di musim dingin dan 0 derajat Celcius di musim panas.

Disisi lain, kutub Selatan memiliki iklim yang jauh lebih dingin, dengan suhu rata-rata tahunan minus 76 derajat Fahrenheit (minus 60 derajat Celcius) di musim dingin dan minus 18 derajat Fahrenheit (minus 28,2 derajat Celcius) di musim panas.

Arktik vs Antartika

Perbedaan utama antara kedua kutub adalah alasan utama Kutub Selatan lebih dingin daripada Kutub Utara. Menurut Robin Bell, seorang ilmuwan kutub di Lamont-Doherty Earth Observatory di Universitas Columbia di New York, "Kutub Utara adalah lautan dan Kutub Selatan adalah sebuah benua."

Samudra Arktik dikelilingi di semua sisi oleh daratan, sedangkan Antartika adalah daratan yang dikelilingi oleh air. Karena air mendingin dan memanas lebih lambat daripada daratan, maka suhu ekstrem lebih sedikit. 

Bahkan ketika Samudra Arktik membeku, suhu perairannya yang relatif hangat memiliki pengaruh pendinginan pada iklim, memungkinkan Arktik tetap lebih hangat daripada Antartika.

Selain itu, sementara Arktik berada di permukaan laut, Antartika adalah benua tertinggi di planet ini dengan ketinggian rata-rata sekitar 7.500 kaki (2.300 meter), dimana semakin tinggi akan semakin dingin.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA