Selasa 07 Jun 2022 12:32 WIB

Seni Islam Biennale akan Dipamerkan di Terminal Haji

Seni Islam Biennale akan Dipamerkan di Terminal Haji

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Mengenal Perjalanan Haji Melalui Mural Bandara Jeddah
Foto: Arab News
Mengenal Perjalanan Haji Melalui Mural Bandara Jeddah

IHRAM.CO.ID,DIRIYAH -- Yayasan Diriyah Biennale telah mengumumkan edisi perdana pameran Islamic Arts Biennale akan berlangsung di Terminal Haji, Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah. Kegiatan ini berlangsung dari 23 Januari hingga 23 April 2023.

Tim multidisiplin internasional terkemuka disebut akan mengkurasi biennale dengan tema Awwal Bayt (Rumah Pertama). Acara tersebut akan diadakan di terminal yang dirancang oleh Skidmore, Owings & Merrill pada 1981, sekaligus penerima Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur tahun 1983.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Selasa (7/6/2022), akan disediakan pula tempat seluas 70.000 meter persegi yang dibangun khusus dengan fasilitas umum. Di antaranya, ruang pameran, teater, masjid, lokakarya, ruang kelas yang didedikasikan untuk pemrograman, serta ritel dan tempat makan.

Tempat baru ini, yang berjalan melalui kerja sama antara Kementerian Kebudayaan, Kementerian Perhubungan, serta Otoritas Umum Penerbangan Sipil, bertujuan untuk semakin memperkaya relevansi fungsional dan spiritual Terminal Haji.

 

Selain menyambut jutaan peziarah setiap tahunnya, lokasi itu juga akan menjadi pusat untuk merayakan seni dan budaya Islam, sekaligus membina ekosistem seni lokal Jeddah sepanjang tahun.

Terminal Haji ini adalah tujuan bagi peziarah dari seluruh dunia yang melaksanakan ibadah haji tahunan, menjadikannya sebagai fokus pemersatu bagi semua Muslim.

Konsep Awwal Bayt mengkaji bagaimana Ka'bah dan Masjid Nabawi di Madinah menginspirasi umat Islam di seluruh dunia pada tingkat budaya dan spiritual, untuk menciptakan rasa memiliki di rumah mereka sendiri.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2098161/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement