Selasa 07 Jun 2022 11:34 WIB

Deretan Fitur dan Charger Baru di MacBook, Pakai Chip M2

Lini MacBook baru terdiri dari MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi MacBook
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi MacBook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple mengadakan acara Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Senin (6/6/2022). di Acara itu, Apple juga memperkenalkan perangkat laptop baru.

Apple resmi meluncurkan lini MacBook yang ditenagai chip terbaru M2. Lini MacBook baru terdiri dari MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci.

Baca Juga

MacBook Air baru desainnya terlihat seperti MacBook Pro yang sangat tipis. Bahkan, tebalnya hanya 11,3 mm dan beratnya hanya 2,7 pon atau 1,2 kg.

Dilansir dari Android Authority, Selasa (7/6/2022), MagSafe juga ada di dalamnya, yang bagus karena membebaskan dua port Thunderbolt saat Anda mengisi daya.

Mac kedua yang mendapatkan chip M2 adalah MacBook Pro 13 inci yang baru. Ini terlihat seperti MacBook Pro terbaru tetapi menyusut menjadi faktor bentuk 13 inci. Kedua laptop akan tersedia di beberapa wilayah mulai Juli 2022.

"Kami sangat senang membawa chip baru M2 ke dua laptop paling populer di dunia, MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci," kata Wakil Direktur Senior Pemasaran Dunia di Apple, Greg Joswiak, dikutip dari siaran pers, Selasa (7/6/2022).

M2 merupakan penerus chip M1, menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Chip ini ditenagai CPU delapan inti dan CPU 10 inti, lebih banyak dari M1.

M2 hadir dengan bandwidth memori terpadu 100GB sehingga bisa mendukung memori hingga 24GB. Chip ini juga mendukung video 4K dan 8K.

MacBook Air

Laptop ini dikemas dalam layar 13,6 inci menggunakan display Liquid Retina. Apple memperkecil bezel sehingga layar MacBook Air M2 lebih luas.

MacBook Air M2 hadir dengan bodi tipis 11,3 milimeter dan bobot 2,7 pon atau 1,2 kilogram. Sama seperti generasi terdahulu, laptop ini menggunakan bodi aluminium.Apple merancang MacBook Air terbaru tanpa kipas berkat efisiensi yang ditawarkan chip M2.

Pada laptop ini, Apple memberikan kamera dengan sensor imaji yang lebih besar, 1080p FaceTime HD. Piksel kamera ini dibuat efisien sehingga bisa memberikan hasil gambar dua kali dari resolusi dan lebih baik ketika dalam cahaya redup.Pengeras suara dan mikrofon disematkan diantara keyboard dan layar. MacBook Air ini memiliki empat pengeras suara dan tiga mic.

Laptop ini dibekali dengan perangkat pengisi daya terbaru, Apple memberikan opsi pengisian daya untuk MacBook Air M2. Apple memberikan adaptor 35M dengan dua port untuk USB-C.Opsi lainnya berupa pengisian daya cepat 67W USB-C. Apple menjual MacBook Air M2 seharga 1.199 dolar Amerika Serikat, sekitar Rp 17,3 juta

MacBook Pro 13 inci

Dengan chip M2, MacBook Pro menjanjikan pemrosesan gambar RAW bisa 40 persen lebih cepat. Laptop ini juga mendukung memori terpadu hingga 24GB.MacBook Pro generasi M2 mendukung ProRes memainkan 11 video streaming 4K dan dua 8K. Sementara konversi video ke ProRes dijanjikan tiga kali lebih cepat.

Untuk grafis, laptop ini 40 persen lebih cepat dari MacBook Pro 13 inci M1 ketika digunakan bermain game. MacBook Pro M2 dipasarkan mulai 1.299 dolar AS atau sekitar Rp 18,8 juta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement