Selasa 07 Jun 2022 08:36 WIB

Southgate Ingin Inggris Konsisten di Turnamen Besar Seperti Jerman

Inggris akan menghadapi Jerman di Allianz Arena, Muenchen di UEFA Nations League.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate
Foto: EPA-EFE/VINCENT MIGNOTT
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Gareth Southgate mengatakan timnya harus konsisten mengalahkan tim-tim besar menjelang Piala Dunia 2022 yang dimulai pada November. Southgate membimbing Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018 dan menjadi runner-up di Euro tahun lalu, turnamen di mana mereka mengalahkan Jerman dalam perjalanan ke final melawan Italia.

"Bagi saya, Jerman dan Brasil masih menjadi patokan dalam hal negara-negara yang secara reguler dan konsisten memenangkan turnamen," kata Southgate, dikutip dari Reuters, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga

Ia menambahkan, orang-orang akan berbicara tentang kemenangan 5-1 Inggris atas Jerman pada 2001. Namun saat itu Jerman finis di final Piala Dunia 2002. Karena itu, ia meminta orang-orang harus menghormati apa yang telah dilakukan Jerman dan apa yang mereka lakukan sebagai sebuah negara.

Komentar ini dilontarkan Southgate jelang laga kedua tim pada Grup A3 UEFA Nations League di Stadion Allianz, Muenchen, Rabu (8/6/2022) dini hari WIB.

"Mentalitas itulah yang kami coba ciptakan. Kami mencoba untuk mencapai tahap akhir kompetisi dan pertandingan besok sangat brilian, ujian yang kami butuhkan," ujar Southgate.

Inggris kalah 0-1 dalam pertandingan UEFA Nations League pertama mereka melawan Hungaria pekan lalu. an Southgate akan meminta respons positif dari para pemainnya. Ia mengatakan pertandingan selanjutnya selalu menjadi yang paling sulit. 

Walaupun laga melawan Jerman kali ini, menang atau kalah, tidak menentukan timnya dalam enam bulan ke depan.

Namun, lanjut dia, salah satu tantangan terberat Inggris adalah mencapai semifinal. Karena saat itu muncul pertanyaan apakah timnya dapat mengalahkan tim yang lebih besar. Setelah bentrokan dengan Jerman, Inggris menjamu Italia pada Sabtu dan Hungaria pada 14 Juni.

"'Sejak itu, kami menang di Spanyol, mengalahkan Belgia di Wembley dan kami menang, pernah mengalahkan Jerman. Kami sudah mulai mendapatkan hasil itu dan kami hanya harus terus berusaha melakukan itu," kata Southgate.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement