Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Piala Presiden 2022 Siap Digelar, Arema FC Bidik Gelar Ketiga

Selasa 07 Jun 2022 08:28 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana (paling kanan) saat drawing Piala Presiden 2022. Gilang Widya Permana menyatakan, sebagai pemilik gelar terbanyak yakni dua gelar juara pada 2017 dan 2019, tim berjuluk Singo Edan kini membidik gelar ketiga.

Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana (paling kanan) saat drawing Piala Presiden 2022. Gilang Widya Permana menyatakan, sebagai pemilik gelar terbanyak yakni dua gelar juara pada 2017 dan 2019, tim berjuluk Singo Edan kini membidik gelar ketiga.

Foto: dokpri
Ajang ini sekaligus menjadi turnamen pramusim bagi klub peserta Liga 1 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah absen tiga tahun, turnamen sepak bola Piala Presiden kembali digelar tahun ini. Ajang ini sekaligus menjadi turnamen pramusim bagi klub peserta Liga 1 Indonesia.

Terakhir kali Piala Presiden digelar pada 2019. Setelah itu terhenti karena pandemi Covid-19.

Baca Juga

Tahun ini Piala Presiden akan digelar pada 11 Juni hingga 17 Juli 2022 di empat kota di tanah air, Bandung, Solo, Malang, dan Banjarmasin. Sebanyak 18 klub Liga 1 bakal ikut serta dalam kejuaraan ini. Melandainya kasus Covid-19 di Indonesia, membuat Piala Presiden 2022 dipastikan dihadiri penonton langsung di stadion.

Menpora RI Zainudin Amali ketika jumpa pers secara virtual mengatakan, turnamen kali ini dipastikan dihadiri penonton langsung. "Piala Presiden 2022 pasti ada penonton tapi untuk persentase kapasitasnya belum ditentukan. Kami akan koordinasi lagi dengan pihak terkait, karena PPKM belum nol masih PPKM level 1," ujar Menpora, Senin (6/6).

Direktur Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengatakan, panitia sudah siap menggelar Piala Presiden 2022 dengan dihadiri penonton langsung. "Kehadiran penonton sudah di uji coba musim lalu. Kami siap jika keputusannya penonton 100 persen," jelasnya.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menambahkan, penonton langsung di lapangan sudah terjadi dalam laga persahabatan. "Kami masih menunggu arahan apakah nanti keputusannya 100 persen atau 75 persen. Kami juga akan koordinasi dengan suporter agar mentaati protokol kesehatan."

Sementara itu, Presiden Arema FC, Gilang Widya Permana menyatakan, sebagai pemilik gelar terbanyak yakni dua gelar juara pada 2017 dan 2019, tim berjuluk Singo Edan kini membidik gelar ketiga.

"Harapan kami dapat mempertahankan gelar juara. Kami juga ingin menjadi tim pertama yang meraih juara tiga kali di Piala Presiden," ujar Gilang.

Malang akan menjadi salah satu tuan rumah. Tepatnya di Grup D, empat peserta yakni Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri. Stadion yang digunakan adalah Kanjuruhan Malang.

"Dari empat stadion tuan rumah, mungkin hanya Stadion Kanjuruhan yang sudah agak lama. Kami sudah melakukan beberapa renovasi. Pengecatan stadion juga sudah dilakukan," jelas Gilang.

Pembagian Grup Piala Presiden 2022:

Grup A (Solo)

Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang, PSS Sleman

Grup B (Samarinda)

Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Nusantara FC, Madura United

Grup C (Bandung)

Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya Surabaya

Grup D (Malang)

Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA