Selasa 07 Jun 2022 06:23 WIB

Gunakan Kartu Elektronik Pendonor, PMI Tangsel Targetkan 100 Kantong Darah per Hari

Kartu elektronik pendonor akan menggantikan lembar manual jadwal donor

Rep: eva rianti/ Red: Hiru Muhammad
 Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan sebanyak 100 kantong darah per hari untuk dapat memenuhi permintaan darah   Personel Polres Kota Serang melakukan donor darah bersama di Serang, Banten, Jumat (3/6/2022). (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan sebanyak 100 kantong darah per hari untuk dapat memenuhi permintaan darah Personel Polres Kota Serang melakukan donor darah bersama di Serang, Banten, Jumat (3/6/2022). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan sebanyak 100 kantong darah per hari untuk dapat memenuhi permintaan darah. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan mulai menyediakan kartu berbasis elektronik bagi para pendonor darah untuk memudahkan kegiatan donor darah dan diharapkan dapat berimbas pada peningkatan jumlah kantong darah di Tangsel. 

Ketua PMI Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, kartu berbasis elektronik bagi para pendonor akan menggantikan lembar manual jadwal donor yang biasa dibawa setiap kali hendak mendonorkan darah. Dengan adanya layanan baru tersebut, para pendonor menjadi bisa lebih rutin dan disiplin dalam mendonorkan darahnya sesuai dengan waktu yang ditentukan, sehingga kuantitas kantong darah pun bisa lebih maksimal.

Baca Juga

“Kartu ini akan menyimpan data yang dibutuhkan oleh setiap pendonor mulai dari golongan darah, nama pendonor, hingga jadwal donor darah. Dari kartu yang dulu manual, sekarang bisa terintegrasi menjadi kartu elektronik. Jadi akan memudahkan kita jika ingin mendonorkan darah, bisa di Tangsel, atau kabupaten/ kota lainnya,” tutur Airin dalam acara peluncuran kartu elektronik sistem informasi manajemen donor darah (Simdondar) di Kantor PMI Tangsel, Senin (6/6/2022).

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangsel Suhara Manullang menambahkan, pihaknya tengah menggenjot angka kantong darah untuk dapat memenuhi kebutuhan darah. Ditargetkan jumlahnya mencapai 2 persen dari jumlah populasi di Tangsel.

“Ditargetkan pemenuhan darah 2 persen atau sebanyak 36 ribu (kantong darah per tahun) dari populasi sekitar 1,3 juta orang. Jadi target per hari 100 kantong darah. Data yang ada pada kami, jumlah permintaan itu ada 2.000 sampai 2.500 (kantong) per bulan,” ujar Suhara.

Suhara meyakini dengan adanya layanan baru berupa kartu berbasis elektronik bagi para pendonor, target jumlah kantong darah bisa lebih dimasifkan. Dalam waktu dekat, dia melanjutkan, PMI Tangsel menargetkan sebanyak 7.700 kantong darah atau sekitar 100 kantong darah per hari mulai 2 Juni 2022 dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-77 pada 17 Agustus 2022 mendatang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement