Senin 06 Jun 2022 23:58 WIB

Suhu Siang Sekitar 43-46 Derajat, Jamaah Diserukan Pakai Sandal di Pelataran Masjid Nabawi

Kaki jamaah bisa melepuh jika berjalan tanpa sandal di pelataran Masjid Nabawi.

 Pelataran Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Jamaah diserukan untuk tetap memakai alas kaki saat berjalan di pelataran Masjid Nabawi pada siang hari. Suhu Madinah berkisar antara 43-46 derajat Celsius pada siang hari.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pelataran Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Jamaah diserukan untuk tetap memakai alas kaki saat berjalan di pelataran Masjid Nabawi pada siang hari. Suhu Madinah berkisar antara 43-46 derajat Celsius pada siang hari.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah calon haji diminta tetap menggunakan sandal saat melewati pelataran Masjid Nabawi. Soalnya, suhu siang hari bisa mencapai 43-46 derajat Celsius hingga dapat menyebabkan telapak kaki melepuh.

"Sandal harus tetap dipakai, nanti dibuka saat di depan pintu masjid," ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Amin Handoyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (6/6/2022).

Baca Juga

Handoyo mengatakan panasnya suhu di Madinah membuat lantai pelataran Masjid Nabawi juga terpengaruh. Jika dilewati jamaah tanpa menggunakan alas kaki, pelataran yang panas itu bisa menyebabkan kaki kering dan melepuh.

Nantinya, ketika hendak masuk masjid, jamaah bisa menyimpan sandal dalam plastik yang dibawa. Kemudian, sandal bisa diletakkan di sisi jamaah saat sholat atau bisa dimasukkan atau diikatkan di tas yang dibawa.

 

"Jadi buka saja di depan pintu masuk masjid, lalu selesai shalat begitu keluar pakai langsung," kata dia.

Sementara itu, Petugas Haji di Posko Utama Masjid Nabawi Siti Isnaini mengatakan, persoalan sandal hilang menjadi salah satu keluhan yang disampaikan jamaah saat beraktivitas di Masjid Nabawi. Kondisi itu disebabkan karena mereka lupa posisi awal meletakkan atau menyimpan sandalnya.

"Padahal, kadang dia lupa taruh sandalnya di mana. Mungkin dia masuk pintu mana, terus sandal diletakkan di loker. Beres sholat, lupa tadi sandalnya taruh di mana dan lupa juga masuk pintu lewat mana," ujar Siti.

Siti tidak menyarankan jamaah haji nekat pulang ke hotel tanpa alas kaki. Panasnya jalan yang dilalui akan membahayakan kaki.

Kasie Perlindungan Jamaah Haji (Linjam) Harun Al Rasyid menyebut ada lima posko petugas PPIH yang tersebar di kompleks Masjid Nabawi. Lima pos diisi petugas Linjam dan Kesehatan.Empat pos terletak di pintu-pintu gerbang seperti posko utama di pintu 332, pintu 328 pos dua, pintu 306 pos ketiga, pintu 358 pos, dan pos Raudhah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement