Senin 06 Jun 2022 22:44 WIB

Jamaah Haji Disarankan Khatam Alquran Selama di Tanah Suci

Selama di Tanah Suci jamaah haji diharapkan khatam Alquran.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Jamaah Haji Disarankan Khatam Alquran Selama di Tanah Suci. Foto:   Sejumlah calon haji kelompok terbang (kloter) 1 embarkasi haji Padang tiba di Asrama Haji Tabing, Padang, Sumatera Barat, Jumat (3/6/2022). Sebanyak 393 jamaah calon haji asal Padang masuk ke Asrama Haji Tabing sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci pada Sabtu, 4 Juni 2022.
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Jamaah Haji Disarankan Khatam Alquran Selama di Tanah Suci. Foto: Sejumlah calon haji kelompok terbang (kloter) 1 embarkasi haji Padang tiba di Asrama Haji Tabing, Padang, Sumatera Barat, Jumat (3/6/2022). Sebanyak 393 jamaah calon haji asal Padang masuk ke Asrama Haji Tabing sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci pada Sabtu, 4 Juni 2022.

IHRAM.CO.ID,PADANG--Anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat, Irsyad Syafar, menyarankan jamaah calon haji melakukan banyak ibadah selama berada di tanah suci.

Irsyad menyebut panitia haji telah menyiapkan semua logistik yang menjadi kebutuhan jamaah. Sehingga yang harus dilakukah jamaah adalah fokus beribadah kepada Allah di negeri Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga

Menurut Irsyad, alangkah lebih baik bila jamaah haji menamatkan Alquran berkali-kali selama di Mekkah dan Madinah.

"42 hari lebih kurang pengalaman bapak Ibu itu luar biasa nikmat Allah yang sangat mahal saya menyarankan rencanakanlah berbagai Amal Soleh. Kalau bisa membaca Alquran minimal khatam sekali 30 juz.  Kalau mau, bisa lebih meningkatkan lagi khatam sampai 10 kali," kata Irsyad, saat melepas jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) III Embarkasi Padang, Senin (6/6/2022).

Irsyad juga mengingatkan supaya jamaah calon haji agar tidak sekedar berangkat untuk berjalan-jalan. Ia menyebut ada juga jamaah yang lebih mengedepankan euforia dengan jalan-jalan dan belanja-belanja selama berhaji.

Irsyad yang pernah berkuliah di Arab Saudi dan juga pernah menjadi petugas haji menyebut selama ini ada saja jamaah yang menjadi penggemar belanja saat berhaji.

"Mungkin waktu berangkat ke masjid tidak ada niat tapi karena pulang dari masjid  lewat depan toko jadi menarik, yang nggak  diniatkan jadinya dibeli. Harusnya dimanfaatkan saja waktu beribadah selama di sana. Karena punya kesempatan berhaji adalah waktu yang mahal," ujar Irsyad.

Kloter III yang berjumlah 393 orang dari Embarkasi Padang ini berangkat hari ini. Jamaah kloter 3 ini berasal dari Kabupaten Agam, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Padang.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement