Selasa 07 Jun 2022 00:50 WIB

Positif Covid-19, 13 Calon Jamaah Haji Asal Grobogan Tertunda Berangkat 

Jamaah haji akan diberangkatkan selama negatif Covid-19

Calon jemaah haji Indonesia mendaftar saat tes swab Covid-19 (Ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/Bagus Indahono
Calon jemaah haji Indonesia mendaftar saat tes swab Covid-19 (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, BOYOLALI— Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menunda keberangkatan 13 calon jamaah haji  asal Gobrogan Jawa Tengah dengan kelompok terbangnya ke Tanah Suci, karena hasil tes PCR positif Covid-19.

"Ke-13 jamaah calon haji yang tertunda berangkat bersama kloternya yakni tiga jamaah tergabung kloter 4 dan 10 jamaah kloter 5, semuanya asal Grobogan Jateng karena awalnya positif Covid-19," kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Syarul Samsudin, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin (6/6/2022).

Baca Juga

Calon jamaah haji kloter 4 gabungan dari Jepara dan Grobogan telah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, pada Ahad (5/6/2022), pukul 19.35 WIB dan Jamaah Kloter 5 asal Grobogan diberangkatkan, pada Senin ini, pukul 11.15 WIB.

Sarip menjelaskan tertunda berangkat ke-13 jamaah calon haji asal Gobrogan tersebut berawal dari tes PCR di Kabupaten Grobogan hasilnya positif.

 

Namun jamaah tersebut setelah dua hari kemudian dilakukan tes PCR kedua hasilnya negatif sehingga ke-13 jamaah itu kemudian dikirim ke Asrama Haji Donohudan Boyolali bersama kloter 6 gabungan asal Grobogan dan Demak.

Calon jamaah haji kloter 6 asal Grobogan dan Demak tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin pukul 08.00 WIB termasuk ke-13 jamaah yang tertunda itu.

Ke-13 calon jamaah haji asal Gobroggan setibanya di Asrama Haji Donohudan dilakukan tes PCR lagi oleh Tim Bidang Kesehatan Embarkasi Solo dan hasilnya pukul 14.00 WIB, diharapkan negatif sehingga dapat diterbangkan dengan jamaah calon haji kloter berikutnya ke Tanah Suci.

"Ke-13 jamaah calon haji asal Gobrogan ini, masih tertunda di Asrama Haji Donohudan rencana diikuti dengan kloter berikutnya tempat duduk yang kosong," kata Sarip.

Dia mengatakan semua calon jamaah haji yang diantar ke Embarkasi Solo tersebut kondisinya sudah negatif Covid-19 dari hasil tes PCR. Pihaknya berharap semua berjalan sesuai rencana dan lancar.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Solo hingga hari kelima penyelenggaraan haji telah memberangkatkan calon jamaah haji asal Jateng sebanyak lima kloter ke Tanah Suci. 

Total jamaah yang sudah diberangkatkan sebanyak 1.780 jamaah dari total 15.477 jamaah yang terbagi 43 kloter. Jamaah asal Embarkasi Solo yang sudah tiba di Arab Saudi hingga Senin, pukul 13.00 WIB sebanyak 1.432 jamaah dan yang sedang perjalanan terbang ke Tanah Suci, kloter 5 sebanyak 348 jamaah.

"Kami rencana memberangkatkan jamaah calon haji kloter 6 asal Grobogan dan Demak, melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali ke Tanah Suci, pada Selasa (7/6), pukul 02.15 WIB," kata Sarip.   

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement