Senin 06 Jun 2022 20:50 WIB

Situs Kementerian Rusia Diretas, Tertulis Tanda 'Kemenangan untuk Ukraina'

Rusia sebut situs tersebut lumpuh tetapi data pribadi pengguna terlindungi.

Upaya peretasan (Ilustrasi)
Foto: VOA
Upaya peretasan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Situs Kementerian Konstruksi, Perumahan, dan Utilitas Rusia telah diretas. Pencarian situs itu di internet mengarah ke sebuah tanda "Kemenangan untuk Ukraina" dalam bahasa Ukraina.

Pada Ahad malam (5/6), kantor berita pemerintah RIA mengutip perwakilan kementerian Rusia itu yang mengatakan bahwa situs tersebut lumpuh tetapi data pribadi pengguna terlindungi.

Baca Juga

RIA menyebutkan media lain telah melaporkan bahwa para peretas menuntut uang tebusan untuk mencegah pengungkapan data pengguna kepada publik. Namun, Reuters tidak dapat memastikan media mana yang dikutip oleh RIA.

Banyak perusahaan milik negara dan organisasi berita Rusia telah mengalami peretasan sporadis sejak Rusia mengirim pasukanke Ukraina pada 24 Februari. Sejumlah serangan siber pada awal Mei membuat situs penyimpanan video RuTube tak bisa diakses selama tiga hari dan mengubah menu televisi satelit di Moskow pada Hari Kemenangan, saat Rusia merayakan ulang tahun ke-77 kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman.

Secara terpisah, kantor berita Ukraina UNIAN pada Minggu (5/6) melaporkan bahwa siaran pertandingan sepak bola Ukraina melawan Wales oleh OLL TV yang disiarkan daring sempat diretas. Namun, Reuters tidak dapat memverifikasi laporan itu.

Moskow menyebut agresinya di Ukraina sebagai "operasi militer khusus" untuk melemahkan kekuatan militer dan melindungi negara itu dari kelompok fasis.Ukraina dan negara-negara Barat menolak klaim Rusia itu dan menyebutnya sebagai dalih untuk menyerang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement