Senin 06 Jun 2022 20:40 WIB

Mengenal Ricardinho, Pemain Terbaik Dunia Enam Kali yang Kini Perkuat Klub Atta Halilintar

Ricardinho adalah kapten timnas futsal Portugal saat menjuarai Piala Dunia 2021.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ricardinho mengangkat trofi Piala Dunia Futsal 2021. Mantan kapten timnas Portugal itu kini memperkuat klub milik Atta Halilintar.
Foto: Dok. IG Ricardinho
Ricardinho mengangkat trofi Piala Dunia Futsal 2021. Mantan kapten timnas Portugal itu kini memperkuat klub milik Atta Halilintar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendekar United klub kepunyaan Youtuber terkenal Indonesia, Atta Halilintar baru saja membuat gebrakan dengan mendatangkan mantan kapten timnas Futsal Portugal Ricardinho, untuk putaran kedua Pro Futsal League musim ini. Ricardinho diklaim memiliki kesamaan dengan dua superstar sepak bola Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, yang membedakannya adalah pamor pemain 37 tahun itu meroket di arena futsal.

Mendarat di pelukan Pendekar United peraih enam gelar pemain dunia terbaik futsal itu mengungkapkan kebahagiaannya merapat ke tim Atta Halilintar.

Baca Juga

"Petualangan baru saya telah mencapai kesepakatan dengan klub baru dan itu pasti akan menjadi petualangan hebat lainnya di negara yang berbeda," kata Ricardinho di akun Instagram pribadinya, dikutip pada Senin (6/6/2022).

Meski hanya dikontrak selama tiga bulan ke depan, Ricardinho tidak menutup kemungkinan dapat memperpanjang durasi kerjanya bersama Pendekar United. Ia juga tak sabar menjajal olahraga futsal di Bumi Pertiwi ini.

"Sebuah proyek dengan ambisi, di negara yang mencintai futsal dan saya pergi dengan keinginan besar untuk membantu klub dan tim mencapai sesuatu yang unik dan belum terjadi sebelumnya. Ini dia Indonesia," sambung Ricardinho.

Lebih lanjut, para pecinta futsal tanah air tentu ingin mengetahui sosok Ricardinho atau yang bernama lengkap Ricardo Filipe da Silva Braga. Ia adalah pemain futsal kelahiran Valbom, Portugal pada 3 September 1985.

Ricardinho kecil justru tak menghabiskan banyak waktu di dunia futsal. Namun, saat berusia 14 tahun ia mencoba untuk melakukan trial bersama salah satu klub sepak bola terkemuka di Portugal, FC Porto.

Pemain dengan julukan Si Penyihir itu sempat masuk akademi Porto. Sayang roda nasib tak membuatnya bertahan di tim pemenang Liga Champions 2004. Ia tersingkirkan saat pelatih baru datang dengan menilai fisiknya terlalu kecil.

Ricardinho lalu meluapkan kekesalannya dengan bermain sepak bola di jalanan. Dia kemudian ditemukan pemandu bakat yang membujuknya untuk alih profesi menjadi pemain futsal. Memutuskan untuk beralih ke lapangan lebih kecil, perjalanan hidup Ricardinho seketika berubah.

Pembuktiannya terjadi saat ia mengamankan gelar individu sebagai pemain terbaik dunia futsal pada 2010, 2014, 2015, 2016 2017 dan 2018. Ricardinho menjadi satu-satunya pemain futsal yang menerima penghargaan itu lebih dari empat kali.

Pemain bernomor punggung 10 timnas futsal Portugal itu berasal dari keluarga yang kurang mampu. Ia memulai karier di dunia futsal bersama klub Portugal, Miramar selama semusim sebelum akhirnya pindah ke tim futsal Benfica dan mereguk kesuksesan.

Usai sukses di negara asalnya ia memutuskan untuk melintasi benua bergabung bersama tim Negeri Matahari Terbit, Jepang, Nagoya Oceans serta menyabet dua gelar Liga Futsal Jepang 2010/2011, pun 2012/2013.

Prestasi menterengnya bukan hanya di tingkat klub saja, juga level internasional. Tercatat, 'O Magico' mampu mengantar timnas Futsal Portugal membawa pulang tiga gelar yakni Piala Futsal Mundialito 2007, Piala Futsal Eropa 2018, dan Piala Dunia Futsal 2021.

Berbagai pencapaian ini pun membuat Ricardinho kenyang gelar. Saat ini, Ricardinho memutuskan pensiun dari timnas Futsal Portugal usai juara dan kembali berkelana ke Indonesia membela Pendekar United.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement