Senin 06 Jun 2022 21:02 WIB

Enrique Kirim Sinyal Soal Kelanjutan Kiprah De Gea di Timnas Spanyol

De Gea mulai dipanggil memperkuat timnas Spanyol sejak 2014 silam.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
 Penjaga gawang Manchester United David de Gea saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Brighton & Hove Albion di stadion Old Trafford, di Manchester, Inggris, Rabu (16/2) dini hari WIB .
Foto: AP/Rui Vieira
Penjaga gawang Manchester United David de Gea saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Brighton & Hove Albion di stadion Old Trafford, di Manchester, Inggris, Rabu (16/2) dini hari WIB .

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, mengaku sudah cukup puas dengan kehadiran tiga penjaga gawang di skuad La Furia Roja saat ini.

Pernyataan ini seolah menutup pintu buat penjaga gawang Manchester United, David de Gea, untuk bisa kembali memperkuat La Furia Roja. De Gea mulai dipanggil memperkuat La Furia Roja sejak 2014 silam.

Penjaga gawang berusia 31 tahun itu tercatat telah mengemas 45 caps bersama La Furia Roja di semua ajang. Namun, De Gea sudah tidak lagi disertakan dalam skuad teranyar La Furia Roja, termasuk saat menghadapi sejumlah laga pembuka UEFA Nations League musim 2022/2023.

Eks kiper Atletico Madrid itu pun tidak lagi dipercaya sebagai pilihan utama di bawah mistar gawang La Furia Roja. Posisi De Gea digeser oleh penjaga gawang Athletic Bilbao, Unai Simon.

Terakhir, De Gea tampil membela La Furia Roja adalah pada pertengahan Oktober 2020 silam. Di skuad terakhir La Furia Roja, Enrique lebih memilih memanggil tiga penjaga gawang lain, yaitu Unai Simon dan penjaga gawang Brentford, Dafid Raya, serta kiper Brighton, Robert Sanchez.

Enrique pun mengaku sudah puas dengan komposisi dan opsi penjaga gawang La Furia Roja. ''Saya sudah memiliki tiga penjaga gawang, yang layak tampil sebagai starter. Saya sudah punya yang saya butuhkan.”

“Sejujurnya, saya tidak memiliki masalah apabila salah satu dari tiga pemain itu merumput sebagai starter,'' ujar Enrique seperti dilansir Mirror, Senin (6/6).

Pernyataan eks pelatih AS Roma itu seolah memperkecil peluang De Gea untuk bisa kembali membela timnas Spanyol, termasuk dengan kemungkinan absen di gelaran Piala Dunia 2022, akhir tahun ini.

Padahal, dari segi performa, De Gea dianggap masih mampu tampil impresif di bawah mistar gawang United pada musim ini. Enrique pun mengungkapkan alasan pemilihan Simon sebagai pilihan utama di bawah mistar gawang La Furia Roja.

Menurutnya, penjaga gawang berusia 24 tahun itu sudah memiliki pengalaman untuk dipercaya sebagai kiper utama La Furia Roja. Pun dengan kemampuan Simon dalam menghalau bola-bola di udara.

''Unai telah memiliki pengalaman. Seorang penjaga gawang harus menjadi yang pertama mengawali permainan dan memiliki superioritas utama, mereka harus mampu menghalau bola di udara. Saya membutuhkan penjaga gawang yang bisa memberikan saya ketenangan,'' ujar eks pelatih Barcelona tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement