Senin 06 Jun 2022 14:43 WIB

Whatsapp akan Buat Kode Verifikasi Ganda untuk Perangkat Baru 

WhatsApp telah lama menjadi sasaran bagi peretas yang ingin mengambil alih akun.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp
Foto: Pixabay
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Whatsapp saat ini menjadi platform pesan instan nomor satu terbanyak digunakan di dunia. Namun, Whatsapp juga menjadi sasaran orang-orang jahat yang ingin mengambil alih kendali akun penggunanya.

Perusahaan milik Facebook telah bekerja di berbagai bidang menambahkan fitur keamanan baru pada Whatsapp. Kini menurut WABetainfo, WhatsApp sedang bersiap-siap untuk pembaruan yang yang pertama kali mungkin memulai debutnya di iPhone.

 

Nantinya setiap kali pengguna mencoba mendaftarkan nomor telepon di ponsel cerdas yang lain, Whatsapp akan meminta kode kedua dari perangkat utama untuk memastikan pemilik sebenarnya yang mencoba menambahkan perangkat baru.

 

"Nomor xxx sudah digunakan untuk Whatsapp di ponsel lain. Untuk membantu memastikan bahwa akun Anda berada dalam kendali Anda, Anda harus mengonfirmasi kode verifikasi lainnya. Untuk keamanan ekstra, Anda harus menunggu penghitung waktu selesai sebelum Anda dapat mengirimkan kode. Saat Anda menerima kode, masukkan di sini," sebuah pemberitahuan yang muncul di perangkat baru seperti dikutip dari laman News Softpedia, Senin (6/6/2022).

 

Saat ini dalam pengembangan

Fitur seperti ini sangat masuk akal, terutama karena Whatsapp memperluas ketersediaan dukungan multi-perangkat untuk akun pesan instan ini. Untuk saat ini, perlindungan keamanan yang masih baru dalam tahap pengembangan, sehingga bisa memakan waktu cukup lama hingga tersedia untuk pengguna. 

 

Begitu fitur ini ada, untuk mendapatkan akses ke akun Whatsapp orang lain akan jauh lebih sulit. Terutama karena mendapatkan akses kode yang akan jauh lebih sulit mengingat verifikasi ganda akan digunakan. Di titik ini, belum ada tanggal perkiraan kapan peluncuran akan dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement