Senin 06 Jun 2022 07:04 WIB

Gavi Lewati Rekor Ansu Fati, Jadi Pencetak Gol Termuda di Timnas Spanyol

Gavi mencetak gol untuk Spanyol pada usia 17 tahun 304 hari.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pemain Spanyol Gavi (kanan) merayakan golnya ke gawang Republik Ceko dalam pertandingan UEFA Nations League di Praha, Senin (6/6/2022) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Lukas Kabon
Pemain Spanyol Gavi (kanan) merayakan golnya ke gawang Republik Ceko dalam pertandingan UEFA Nations League di Praha, Senin (6/6/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Gavi baru saja mencetak rekor saat memperkuat tim nasional Spanyol menghadapi Republik Ceko dalam lanjutan Grup A2 UEFA Nations League musim 2022/23. Gavi menjadi pemain termuda Spanyol yang mencetak gol dalam laga yang berkesudahan imbang 2-2 di Eden Arena, Praha, Senin (6/6) dini hari WIB.

Sosok bernama lengkap Pablo Martin Paez Gavira ini menjadi starter. Ia mengoyak jala lawan pada injury time babak pertama untuk menyamakan skor 1-1. 

Baca Juga

"Gavi melewati Ansu Fati sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Spanyol," demikian laporan yang dikutip dari Marca.

Gelandang Barcelona itu membobol jala Ceko pada usia 17 tahun 304 hari. Sebelumnya Fati memegang rekor pencetak gol termuda di timnas Spanyol pada usia 17 tahun 311 hari saat membobol jala Ukraina di Valdebebas.

Sebelum pertandingan, pelatih La Roja, Luis Enrique sudah memprediksi akan menghadapi tantangan berat dari tuan rumah. Pasalnya skuad polesan Jaroslav Silhavy memiliki catatan mentereng ketika mentas di Praha. Terakhir kali mereka mengalami kekalahan di sana pada 2017, saat ditaklukkan Jerman.

Baru empat menit laga berjalan, kubu tamu langsung kebobolan. Setelahnya kejar mengejar gol terjadi. Spanyol selalu tertinggal. Pada akhirnya anak asuh Enrique berhasil menyamakan skor di pengujung setiap babak.

Kejutan terjadi dalam beberapa pertandingan di UEFA Nations League sejauh ini. Inggris dikalahkan Hungaria. Denmark menumbangkan Prancis di Stade de France. Kemudian Belgia dibantai Belanda, serta Kroasia dihancurkan Austria.

Spanyol meraih hasil imbang dalam dua pertandingan di Grup A2. Sebelumnya, La Roja ditahan Portugal 1-1. Berikutnya, Sergia Busquets dan rekan-rekan bertemu Swiss. Tim Matador kembali berstatus tim tamu pada laga di Stade de Geneve, Lancy, Jumat (10/6/2022) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement