Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Wales Lolos ke Piala Dunia Setelah Penantian 64 Tahun

Senin 06 Jun 2022 02:00 WIB

Red: Israr Itah

Kapten Waes Gareth Bale merayakan tendangan bebasnya yang berbuah gol bunuh diri pemain Ukraina Andriy Yarmolenko pada laga playoff Piala Dunia 2022. Wales mengalahkan Ukraina 1-0 di Cardiff, Ahad (5/6/2022) untuk lolos ke Qatar.

Kapten Waes Gareth Bale merayakan tendangan bebasnya yang berbuah gol bunuh diri pemain Ukraina Andriy Yarmolenko pada laga playoff Piala Dunia 2022. Wales mengalahkan Ukraina 1-0 di Cardiff, Ahad (5/6/2022) untuk lolos ke Qatar.

Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Wales mengalahkan Ukraina 1-0 pada final playoff Piala Dunia 2022 Zona Erpa Jalur A.

REPUBLIKA.CO.ID, CARDIFF -- Wales mengakhiri penantian 64 tahun untuk kembali berlaga di Piala Dunia. Wales memastikan tiket berlaga di Qatar akhir tahun ini setelah mengalahkan Ukraina 1-0 pada final playoff Jalur A di Stadion Cardiff City, Wales, Ahad (5/6/2022).

Kemenangan Gareth Bale dkk mengakhiri harapan negara yang dilanda perang itu berlaga di Piala Dunia 2022. Wales sekaligus tim terakhir Eropa yang memastikan lolos ke Qatar.

Baca Juga

Gol bunuh diri dari pemain sayap Ukraina Andriy Yarmolenko, yang menyundul tendangan bebas Gareth Bale ke gawangnya sendiri, menjadi penentu pertandingan. Itu adalah cara yang kejam bagi upaya Ukraina lolos ke Qatar setelah mengalahkan Skotlandia di semifinal playoff. Padahal Ukraina sekali lagi menunjukkan level sepak bola mereka yang layak mendapat tempat di turnamen yang diikuti 32 tim pada November mendatang.

Dengan separuh tim yang tidak pernah bermain sepak bola klub kompetitif sejak invasi Rusia pada bulan Februari, Ukraina layak mendapat pujian besar karena nyaris mencapai final untuk kedua kalinya dalam sejarah negara mereka sebagai negara independen. bangsa. Ada adegan emosional di akhir pertandingan saat para pemain Ukraina yang kecewa menunjukkan apresiasi mereka kepada lebih dari 2.000 pendukung mereka di Stadion Cardiff City.

Mereka kemudian bergabung dengan para pemain Wales yang sebelum melakukan lap of honor mereka sendiri juga memberi hormat kepada para penggemar Ukraina.

Penonton tuan rumah menciptakan suasana yang meriah sebelum pertandingan dengan membawakan lagu kebangsaan mereka yang luar biasa. Namun erlepas dari suasana yang keras dan penuh gairah, Ukraina berada di atas sejak awal. Penjaga gawang Wales Wayne Hennessey sibuk di babak pertama melakukan tiga penyelamatan penting untuk menjaga skor tetap seimbang.

Oleksandr Zinchenko menguasai bola di gawang, dari tendangan bebas yang diambil dengan cepat tetapi wasit Spanyol Antonio Mateu Lahoz tidak meniup peluitnya dan upaya itu dianulir.

Hennessey melakukan dengan baik untuk menyangkal Roman Yaremchuk setelah dia menemukan dirinya jelas di gawang dan kemudian kiper Wales itu waspada untuk menyelamatkan upaya Zinchenko yang berbahaya. Ia kemudian membekap bola di kaki Viktor Tsygankov.

Wales yang tertekan justru memimpin pada menit ke-34. Bale melepaskan tendangan bebas rendah dari jarak 25 meter dan sundulan Yarmolenko yang membungkuk, berusaha menyapu, justru membuat bola terbang ke gawang sendiri melewati Georgiy Bushchan yang tak berdaya.

Aaron Ramsey melewatkan peluang bagus untuk menggandakan keunggulan Wales setelah turun minum. Upayanya melebar dari posisi yang bagus dan kemudian Neco Williams melepaskan tembakan yang membentur tiang gawang.

Namun Wales, yang terakhir tampil di putaran final Piala Dunia 1958, harus berterima kasih lagi kepada Hennessey saat ia melakukan penyelamatan satu tangan yang bagus dari sundulan pemain pengganti Artem Dovbyk, enam menit menjelang akhir pertandingan. Penonton menyanyikan nama Hennessey di menit-menit terakhir, yang dianggap bintang pada laga ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA