Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Nadal Janji Terus Bermain, Sempat tak Bisa Jalan di Penyisihan French Open

Senin 06 Jun 2022 02:40 WIB

Red: Israr Itah

Selebrasi Rafael Nada setelah memastikan juara French Open 2022.

Selebrasi Rafael Nada setelah memastikan juara French Open 2022.

Foto: EPA-EFE/MOHAMMED BADRA
Rafael Nadal memenangkan gelar French Open ke-14 dalam kariernya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rafael Nadal memenangkan gelar French Open ke-14 sekaligus Grand Slam ke-22 sepanjang kariernya. Trofi ini semakin menjauhkannya dari Novak Djokovic dan Roger Federer yang sama-sama mengoleksi 20 gelar. 

Nadal secara meyakinkan melibas Casper Ruud 6-3 6-3 6-0 pada final di lapangan Philippe Chatrier, Roland Garros, Ahad (5/6/2022)

Baca Juga

Setelah mengangkat trofi di Paris, Nadal berbicara tentang kondisinya yang nyaris tak bisa berlaga di tengah penampilan di Paris, kemenangan terakhirnya, dan juga tentang masa depannya dalam olahraga ini.

"Bagi saya sangat sulit untuk menggambarkan apa yang saya rasakan," katanya dikutip Marca. "Saya tidak pernah berpikir saya akan berada di sini pada usia 36 tahun dan menjadi kompetitif lagi, bermain sekali lagi di final di lapangan terpenting dalam karier saya.

Ia menegaskan, gelar ini berarti segalanya baginya. Trofi di Roland Garros memberinya energi untuk terus maju. "Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi saya akan terus berjuang untuk melanjutkan," kata dia.

Nadal mengungkapkan betapa berat perjuangan yang harus dilaluinya untuk bisa mengangkat trofi. Setelah pertandingan putaran kedua, Nadal mengaku hampir tidak bisa berjalan. Mulai minggu depan, dia akan menjalani perawatan lebih lanjut.

"Momen terburuk adalah setelah pertandingan melawan (Corentin) Moutet, saya tidak bisa berjalan. Untungnya, dokter saya ada di sini dan itu memungkinkan saya untuk bermain di bawah pengaruh (obat penghilang rasa sakit)," kata dia.

Dalam 12 bulan terakhir, petenis 36 tahun itu berpikir untuk pensiun karena masalah cedera kaki kronis. Ia terpaksa menghabiskan enam pekan menderita patah tulang rusuk pada Maret dan tidak yakin apakah akan mampu bersaing di Paris setelahnya. Namun Nadal membuktikan ia masih berstatus raja di Roland Garros.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA