Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

Ahli Ungkap Lima Gejala Awal Multiple Sclerosis

Ahad 05 Jun 2022 21:17 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Multiple sclerosis (MS) merupakan suatu penyakit saat sistem kekebalan tubuh (Foto: ilustrasi)

Multiple sclerosis (MS) merupakan suatu penyakit saat sistem kekebalan tubuh (Foto: ilustrasi)

Foto: www.freepik.com.
Multiple sclerosis (MS) merupakan suatu penyakit saat sistem kekebalan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Multiple sclerosis (MS) merupakan suatu penyakit saat sistem kekebalan tubuh menggerogoti lapisan pelindung saraf. Kondisi neurologi yang bisa mengganggu komunikasi otak dan tubuh ini diderita oleh beberapa selebriti termasuk Christina Applegate dan Selma Blair.

Ada banyak gejala potensial MS, meskipun tampak agak kabur. Dilansir dari EatThis, Ahad (5/6/2022), berikut beberapa tanda MS menurut ahli.

Baca Juga

 

1. Masalah penglihatan

Peradangan saraf optik, juga dikenal sebagai neuritis optic cenderung menjadi gejala MS yang paling umum, menurut Dr Thomas Shoemaker, ahli saraf dan ahli MS di Rush Multiple Sclerosis Center. Mata Anda terasa sakit ketika bergerak, penglihatan terasa kabur atau redup, atau Anda mungkin melihat warna (biasanya merah atau hijau).

 

2. Mati rasa atau kesemutan

Menurut National Multiple Sclerosis Society, sensasi mati rasa atau kesemutan di area wajah, tubuh, lengan, atau kaki adalah tanda pertama yang umum dari MS. Seseorang dengan MS mungkin memiliki lebih sedikit sensasi mati rasa di tangan dan wajah, serta kesemutan di kaki.

 

3. Masalah dengan keseimbangan

Multiple Sclerosis Foundation mencatat, kesulitan berjalan atau keseimbangan adalah salah satu gejala yang lebih umum dilaporkan di antara orang-orang dengan MS. Masalah dengan keseimbangan dapat mengakibatkan gaya berjalan goyah dari sisi ke sisi. Ini disebabkan oleh kondisi yang disebut ataksia, ketika bagian dari sistem saraf yang bertanggung jawab untuk gerakan otot sukarela terganggu.

 

4. Kelelahan

Menurut National Multiple Sclerosis Society, sekitar 80 persen orang dengan MS mengalami kelelahan. Kelelahan yang terkait dengan MS cenderung terjadi setiap hari dan dapat muncul bahkan setelah tidur malam yang nyenyak. Itu bisa datang dengan mudah dan tiba-tiba dan sering memburuk seiring berjalannya hari, mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari.

 

5. Kekakuan

Kekakuan dalam tubuh adalah tanda umum lain dari MS. Otot-otot di seluruh tubuh mungkin terasa kencang, seringkali kaki, selangkangan, bokong, dan punggung. Ini terjadi karena MS menurunkan saraf di otak dan sumsum tulang belakang yang mengontrol gerakan dan refleks otot. Kekakuan mungkin ringan, atau bisa berupa kejang yang tidak terkontrol. Untungnya, sejumlah perawatan tersedia, mulai dari terapi fisik hingga obat-obatan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA