Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nafaul khurriyah

Keindahan Dalam Matematika

Teknologi | Saturday, 04 Jun 2022, 22:08 WIB

Menurut para ahli Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran yang sebelumnya sudah diterima sehingga keterkaitan antara konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Seperti yang kita tahu sebagian banyak orang menganggap matematika adalah ilmu atau pelajaran yang sulitdan kurang menyenangkan. Padahal jika kita mau mengamati, matematika itu sebenarnya ilmu yang menyenangkan, ilmu yang memiliki tampilan yang cantik dan juga ilmu yang mempunyai bahasa di setiap penulisannya. Oleh karena itu disini penulis akan membahas tentang “Keindahan Dalam Matematika”

Ilmu matematika merupakan ilmu yang pasti, ilmu yang disertai oleh bukti, ilmu yang dapat berdiri sendiri, dan ilmu yang berasal dari kekuatan logika kreatif manusia yang paling jelas. Karena kesempurnaan logika inilah, maka dalam matematika tidak ada kontradiksi tentang nilai kebenaran di dalamnya. Matematika sebenarnya dibagi menjadi dua, yaitu matematika murni dan matematika terapan. Hendaklah kita melihatnya sebagai sebuah telapak tangan dan punggung telapak tangan, sebenarnya sama hanya saja cara pandang kita yang berbeda tentang hal tersebut.

Yang dimaksud matematika ilmu yang memiliki tampilan yang cantik dan juga ilmu yang mempunyai bahasa di setiap penulisannya, yaitu polanya dan rumus didalamnya yang mempunyai makna di setiap penulisannya, yang akan menghantarkan kita ke tujuan yang sedang kita cari pada saat itu dengan terukur, terurut dan terbukti. Terdapat beberapa bab yang memecahkan soal matematika dengan berbagai cara, salah satu yang pernah dipelajari oleh penulis yaitu bab ‘Uji kekonvergenan’. Terdapat beberapa cara diantaranya

Andai kata kita mengerjakan salah satu soal tentang uji kekonvergenan dengan beberapa cara tersebut maka hasilnya akan sama(konvergen atau divergen). Dari hal tersebut dapat kita lihat bahwa sebenarnya dalam mengerjakan matematika kita mempunyai banyak cara, dan kita bisa memilih cara mana yang menurut kita mudah dan lebih simple cara pengerjaannya, meskipun terkadang terdapat beberapa bab yang mengharuskan menggunakan satu rumus yang memang sudah pasti.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image