Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sovi nur

Homogenous Tile : Ide Bisnis Keramik Yang Menjanjikan

Bisnis | Sunday, 05 Jun 2022, 07:39 WIB

Tentu kita tidak asing lagi dengan yang namanya keramik, dalam keseharian keramik biasanya mengacu pada barang pecah belah. Namun keramik yang saya maksudkan disini adalah keramik tile atau bahan penyelesaian akhir untuk bangunan berupa kepingan datar tipis untuk melapisi permukaan lantai, dinding, dan counter top. Sekarang, produksi keramik dilakukan secara massal dengan mengandalkan teknologi pabrikasi yang sudah semakin canggih. Komposisi material penyusun juga bukan dari tanah liat saja. Namun kombinasi dari kaolin (aluminium silikat), pasir (kuarsa maupun pasir biasa), dan berbagai mineral lainnya yaitu mika, Feldspar, serta besi yang nantinya akan membuat sebuah keramik lebih kuat. Semua bahan tersebut merupakan substansi yang sering dijumpai di alam. Setelah dicampur menjadi adonan, bahan baku dibentuk menjadi keramik dan dibakar sampai sekeras semen. Banyak dari kelebihan keramik antara lain jenisnya bervariasi (keramik untuk dinding tidak sama dengan keramik untuk lantai karena tidak didesain untuk menahan beban yang besar sehingga keramik memiliki banyak jenis), Modelnya beragam (banyak model keramik yang bermacam-macam mulai dari warna, motif, tekstur, atau paduan ketiganya), pemasangan keramik praktis, perawatan keramik juga mudah dan harganya bervariasi.

Gambar peta persebaran pabrik produksi keramik di Jawa Timur

Dari peta produsen keramik di Jawa Timur, sekarang kesempatan kita yang memulai untuk menjadi produsen keramik. Tidak harus dengan skala yang besar, namun dimulai dari skala yang kecil saja. Homogenous tile bisa menjadi ide bisnis keramik anda.

Contoh gambar produk dari Homogenous Tile

Jika pada keramik biasa biasanya hanya terdiri dari dua lapisan yaitu tanah liat dan galsur pada lapisan teratasnya. Pada homogenous tile ini, hanya satu lapisan yang ada dan sifatnya homogen. Pada keramik biasa, warna dan motif dibuat tipis dan mudah sekali terkelupas. Namun, homogenous tile tidak mempunyai permasalahan tersebut karena lapisannya memiliki ketebalan yang sama dan apabila terkelupas pun motif yang tampil akan tetap sama. Homogenous tile diciptakan untuk membuat material yang menyerupai batu alam. Karena itu, banyak orang menyebutnya granite tile. Nilai keuntungannya tidak hanya mirip batu alam, namun juga karakteristiknya. Yang membuatnya mempunyai kelebihan adalah pembakaran hingga 1.230°C. Dengan suhu setinggi itu, homogenous tile bersifat lebih kuat dan mempunyai daya serap lebih rendah dibandingkan keramik biasa. Homogenous tile tidak akan menyerap cairan yang jatuh di atasnya, berbeda dengan batu alam. Homogenous tile dapat disusun menjadi mozaik yang beragam. Karena banyaknya keuntungan yang didapatkan Homogenous Tile, maka tidak akan ragu lagi ide bisnis untuk membuat keramik ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image